SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Mengajar Komando dan Gaya Mengajar Resiprokal terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di SMP Negeri 6 Malang.

GILANG RAMADHAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Sepakbola adalah suatu pertandingan yang dimainkan 2 tim yang masing-masingberanggotakan 11 orang pemain, masing-masing mempertahankan sebuah gawang dan menjebol gawang lawan. Dalam permainan sepakbola salah satu teknik penting yang harus dikuasai adalah passing. Dalam permainan sepak bola salah satu teknik penting yang harus dikuasai adalah passing. Passing merupakan upaya memberikan bola kepada teman untuk menguasai permainan dapat dilakukan dengan seluruh anggota badan kecuali tangan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar komando dan gaya mengaja rresiprokal terhadap hasil belajar keterampilan passing pada peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMPNegeri 6 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan matching pretest-posttest comparison group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Malang yang sebanyak 20 orang, kemudian dibagi menjadi dua kelompok menggunakan teknik ordinal pairing matching yaitu kelompok perlakuan gaya mengajar komandoberjumlah 10 orang dan kelompok perlakuan gaya mengajar resiprokal berjumlah 10 orang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur.

Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan perlakuan gaya mengajar komando memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMPNegeri 6 Malang (Fhitung13,21> Ftabel 4,41), (2) pembelajaran perlakuan gaya mengaja rresiprokal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6Malang (Fhitung 16,65> Ftabel4,41), (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan perlakuan gayamengajarkomando dan perlakuan gayamengajarresiprokalterhadap hasil belajar keterampilan passingpeserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang (Fhitung0,28< Ftabel4,41),tetapiberdasarkan rata-rata skor akhir pembelajaran dengan perlakuan gaya mengajar resiprokalmemberikan pengaruh yang lebih baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding gaya mengajar komando untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing sepakbola peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Malang.

 

Saran yang dapat diberikan peneliti kepada pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang sebaiknya menggunakan gaya mengajar resiprokal sebagai bentuk pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing sepakbola.