SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG

VINA PUSPITA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Vina Puspita. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran KAP Terhadap Audit Report Lag (Studi pada Laporan Keuangan Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2013-2015). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)  Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc. Pembimbing (II) Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran KAP, Audit Report Lag.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran KAP terhadap Audit Report Lag. Profitabilitas diproksikan dengan return on asset (ROA), solvabilitas diproksikan dengan debt to asset ratio (DAR), dan ukuran KAP diukur dengan menggunakan variabel dummy.

Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, yaitu sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2013-2015 dengan sampel sebanyak  31 data laporan keuangan pada masing-masing periode sehingga total sampel pada penelitian ini sebanyak 93 data laporan keuangan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

 

Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa Profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap audit report lag, Solvabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap audit report lag, dan Ukuran KAP berpengaruh negatif signifikan terhadap audit report lag. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengidentifikasi lebih lanjut mengenai pelaporan waktu penyerahan laporan keuangan perusahaan oleh emiten serta memperbaiki keterbatasan-keterbatasan lain yang ada pada penelitian ini.