SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku Investor dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham

Siti Rachmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmah, Siti. 2017. Perilaku Investor dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham. Skripsi, Jurusan S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak.

 

Kata kunci: perilaku investor, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, kualitas informasi akuntansi, pengambilan keputusan investasi.

Pasar modal merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan perekonomian suatu negara. Perkembangan pasar modal di Indonesia semakin pesat seiring berlanjutnya waktu. Hal tersebut mengindikasikan bahwa semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya investasi. Dalam rangka melaksanakan kegiatan investasi tersebut investor perlu mengambil keputusan investasi seperti membeli, menjual, atau mempertahankan saham yang dimilikinya. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi investor dalam pengambilan keputusan, diataranya: berita, informasi, politik, risiko keamanan, kebijakan, rumor, pasar global, kondisi psikologis investor,dll.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan memperoleh bukti empiris perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi saham. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan dari jawaban kuesioner online maupun offline. Sampel penelitian ini ialah 40 investor yang tergabung dalam komunitas YCMC (Youth Capital Market Community) dan komunitas ISP (Investor Saham Pemula) Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) norma subjektif tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi saham, (2) persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi saham, dan (3) kualitas informasi akuntansi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi saham. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa investor dalam pengambilan keputusan tidak mudah terpengaruhi oleh lingkungan sekitar, mereka akan lebih percaya atas hasil analisis pribadinya. Keputusan investor dalam berinvestasi masih dipengaruhi oleh sumber daya yang dimiliki dan kualitas informasi akuntansi atas suatu entitas.