SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Locus of Control Terhadap Preferensi Risiko Investor

TRIASA MARITA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Investor dalam melakukan investasi  pada umumnya akan menggunakan analisis dalam proses pengambilan keputusan investasi. Analisis tersebut berupa analisis matematis, estimasi, dan proyeksi yang diterapkan pada instrument investasi.  Analisis yang dilakukan antara lain mempelajari laporan keuangan perusahaan, serta mengevaluasi kinerja bisnis perusahaan. Menurut teori keuangan tradisional investor adalah pengambil keputusan yang rasional. Hal tersebut melupakan aspek psikologi investor yang menimbulkan kesalahan dalam mengambil keputusan investasi. Sehingga muncul  teori behavioral financeyang mengkaji aspek psikologi untuk menjelaskan anomali pasar yang terjadi dan tidakdapat dijelaskan oleh teori keuangan tradisional.

Hipotesis pasar efsien menyatakan pasar dapat dikatakan efesien jika harga suatu sekuritas yang terbentuk mencerminkan semua informasi yang tersedia dan relevan tentang sekuritas tersebut. Namun kecanggihan pelaku pasar dalam menyerap informasi yang tersedia juga diperlukan untuk menentukan efisiensi pasar. Oleh karena itu behavioral finance menggabungkan aspek ekonomi dan aspek psikolog investor dalam mengambil keputusan investasi.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk menjelaskan pengaruh dan hubungan locus of control internal dan locus of control eksternal terhadap preferensi risiko investor. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner online. Sampel penelitian ini adalah 40 investor yang tergabung dalam komunitas Investor Saham Pemula wilayah Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah sampel yang diambil merupakan keseluruhan jumlah investor di komunitas Investor Saham Pemula Jawa Timur. Data dalam penelitian ini berjenis kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan skala likert sebagai pengukuran respon. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan metode regresi berganda karena terdapat dua variabel independen dan satu variabel dependen.

Hasil penelitian menunjukan bahwa locus of control internaldan locus of control eksternalberpengaruh positif signifikan terhadap preferensi risiko investor. Preferensi risiko investor dipengaruhi oleh variabel locus of control internal dan locus of control eksternal sebesar 72%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 28% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.Selain itu locus of control internal dan locus of control eksternal mempunyai hubungan yang kuat terhadap preferensi risiko investor sebesar 85.5%.

 

Peneliti menyarankan investor lebih bisa memproses informasi secara tepat dengan menggunakan kemampuan yang dimiliki dan tidak mengandalkan orang lain, lingkungan, serta nasib dalam menentukan risiko yang dipilih. Untuk regulator diharapkan dapat menanggapi kondisi pasar ketika terjadi anomali pasar akibat faktor psikologi investor serta dapat mengelola faktor psikologi tersebut agar terbentuk pasar yang optimal. Keterbatasan penelitian ini yaitu pada sampel penelitian ini didapatkan secara online dari grup resmi komunitas Investor Saham Pemula wilayah Jawa Timur.