SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh mekanisme GCG,CSR disclosure dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI periode 2013-2015

SISKA MARIA ULFA

Abstrak


ABSTRAK

 

Kinerja keuangan perusahaan mencerminkan nilai perusahaan yang baik kinerja keuangan perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu mekanisme GCG yang terdiri dari dewan direksi, proporsi komisaris independen, komite audit kemudian CSR Disclosure dan ukuran perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisigood corporate governance , pengungkapan corporate social reponsibility, Ukuran Perusahaandan ROA pada perusahaan yang termasuk dalam pemeringkatan saham Food and Beverages yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme GCG, CSR Disclosure dan Ukuran Perusahaan terhadap ROA

Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausalitas (sebab-akibat). Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam pemeringkatan sahamFood and Beverages yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015 dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 11 perusahaan. teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dewan Direksi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan. 2) Proporsi komisaris independen berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keungan. 3) Komite Audit berpengaruh positif signifikan terhada[p kinerja keuangan. 4) CSR Disclosure tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. 5) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan.