SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PROBOLINGGO

D.P Sejatiningtyas Rahayu

Abstrak


ABSTRAK
Rahayu, Sejatiningtyas D.P.2009. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan
Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Probolinggo. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Malang. Pembimbing (I) DR.Dyah Aju Wardhani, M.Si, Ak. (II) Sri
Pujiningsih, M.Si, Ak.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah,  Lingkungan
Masyarakat, dan Prestasi Belajar Siswa.
Pendidikan merupakan sarana utama di dalam membentuk dan
menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas baik melalui pendidikan
informal di rumah maupun melalui pendidikan formal di sekolah. Tanpa adanya
pendidikan formal dan informal akan sulit untuk mencetak kualitas sumber daya
manusia yang baik yang dapat menentukan masa depan bangsa sendiri.
Robert M. Gagne mengemukakan bahwa hasil belajar dipengaruhi
oleh stimulus yang berasal dari lingkungan (Sagala, Syaiful, 2003:17).
Lingkungan merupakan segala sesuatu yang mencakup material dan stimulus di
dalam dan diluar individu. Menurut Slameto (2003:60) faktor lingkungan yang
berpengaruh terhadap belajar siswa dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu,
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variable lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan msyarakat
terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan populasinya
adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo.
Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan teknik
pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK
Negeri 1 Probolinggo. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar
siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo. Lingkungan
masyarakat juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan
Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo. Sedangkan secara simultan lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo.
Variabel yang palingdominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas
XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo adalah variabel lingkungan
keluarga.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada pada para
pembaca yang berminat meneliti kasus sejenis, sebaiknya menggunakan penelitian
sampel dengan wilayah populasi yang lebih luas serta mengembangkan
permasalahan dan pemakaian indikator-indikator yang lebih handal dan terbaru.
Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih permasalahan
dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi
banyak pihak.