SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karangan

Hastri Oktaviana

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktaviana, Hastri. 2017. Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karangan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, SE., M.A., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakulikuler, Hasil Belajar

Pendidikan adalah transformasi nilai dan pembentukan karakter melalui kegiatan bimbingan, penelitian dan pelatihan. Pendidikan pada saat ini dapat diperoleh secara formal maupun non formal. Di luar bidang akademik, sekolah juga mengembangkan potensi, minat, bakat, dan hobi yang dimiliki oleh peserta didik dimana proses pembelajaran ini tidak hanya terjadi di dalam kelas. Namun sekolah bisa memberikan kesempatan bagi peserta didik supaya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang bertujuan untuk mengembangkan potensi, minat, bakat, dan hobi tersebut. Kegiatan ekstrakulikuler di sekolah menuai banyak manfaat dan hasil belajar akademik maupun prestasi non akademik, di mana siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler harus bisa membagi waktu antara belajar dan kegiatan ekstrakulikulernya. Oleh karena itu, tidak hanya belajar akademik saja melainkan siswa dapat menyalurkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Sehingga antara belajar akademik dan ekstrakulikuler di sekolah berjalan. Hasil belajar itu sendiri adalah hasil akhir pengembalian keputusan tentang tinggi rendahnya nilai siswa selama mengikuti proses belajar mengajar, pembelajaran dikatakan berhasil jika tingkat pengetahuan siswa bertambah dari hasil sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kegiatan ekstrakulikuler terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karangan tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 144 siswa). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kegiatan ekstrakulikuler (X) dan hasil belajar (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi (nilai belajar akuntansi).

Hasil yang diperoleh bahwa kegiatan ekstrakulikuler memberikan sumbangan pengaruh sebesar 98,4%. Hal ini berarti sebesar 98,4% hasil belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakulikuler.Besarnya pengaruh kegiatan ekstrakulikuler terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa disebabkan oleh kegiatan ekstrakulikuler yang diikuti oleh siswa memberikan dampak yang positif karena dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler siswa dapat berinteraksi dan memperoleh pengalaman dengan orang yang lebih banyak, sehingga siswa lebih aktif. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti bagi siswauntuk lebih meningkatkan pemahaman tentang manfaat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sehingga meningkatnya hasil belajar siswa. Hal itu dikarenakan SMA Negeri 1 Karangan bertujuan untuk mencetak siswa yang cerdas, giat dan terampil.Bagi peneliti selanjut menambah cakupan populasi untuk beberapa SMA yang memliki progam kegiatan ekstrakulikuler.