SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Fenomenologi: Penggunaan Sistem E-Filing Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dan Pegawai Pajak di KPP Pratama Malang Selatan

Muhammad Fahrur Rozi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rozi. 2016. Studi Fenomenologi: Penggunaan Sistem E-filing Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dan Pegawai Pajak di KPP Pratama Malang Selatan. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Pujiningsih. S.E, M.Si., Ak. (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed.

 

Kata Kunci E-filing, fenomenologi, Pajak, TAM. 

Dirjen Pajak meluncurkan aplikasi e-filing untuk melaporkan SPT tahunan Wajib Pajak. Penggunaan Aplikasi e-filing semakin banyak dan meluas. Pada tahun 2016 Direktorat Jendral Pajak bekerjasama dengan kementrian yang lain yaitu mewajibkan seluruh aparatur negara mulai dari PNS, TNI, Polisi dan pensiunan wajib menggunakan e-filing waktu melaporkan SPT tahunan. Kemudian juga menganjurkan kepada pegawai BUMN/BUMD untuk menggunakan e-filing. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami makna pemahaman Wajib Pajak Orang Pribadi dan Pegawai Pajak terhadap penggunaan teknologi administrasi perpajakan terbaru yaitu e-filling.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan studi fenomenologi. Technology Acceptent Model sebagai teori  perilaku beralasan dalam penerimaan teknologi oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dan Pegawai Pajak. Pengumpulan data dengan wawancara kepada Wajib  Pajak Orang Pribadi dan pegawai pajak. Wajib Pajak yang diteliti adalah  pengguna aktif, pengguna awal menerima dan pengguna awal menolak e-filing. Mengikuti secara langsung  kegiatan kantor untuk pengambilan data observasi. Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Malang Selatan yang bertempat di jalan merdeka no 3 klojen malang.

Hasil penelitian ini menunjukkan Wajib Pajak Orang Pribadi  pengguna aktif  memahami bahwa kemudahan dan manfaat terhadap e-filing didapatkan karena sudah menguasai penggunan e-filing dan perangkat pendukungnya. Wajib Pajak Orang Pribadi pengguna awal yang mendukung merasakan kemudahan dari penguasaan terhadap teknologi yang sejenis dan teknologi pendukungnya saja namun belum merasakan kemanfaatan secara maksimal. Wajib Pajak Orang Pribadi pengguna awal merasakan kesulitan dan tidak merasakan kemanfaatan dalam penggunaan e-filing karena latar belakang Wajib Pajak. Pegwai pajak pun menyimpulkan bahwa e-filing masih belum sempurna dan dalam tahap pengembangan