SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Logis-Matematis, dan Efektifitas Belajar sebagai Variabel Pemoderasi terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada SMK Negeri 2 Blitar

Nufiya Sulistiana

Abstrak


ABSTRAK

Sulistiana, Nufiya. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Logis-Matematis, dan Efektifitas Belajar sebagai Variabel Pemoderasi terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si, Ak

Kata Kunci : Hasil Belajar Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Logis-Matematis, Efektifitas Belajar

            Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dari proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah kecerdasan emosional (X1), kecerdasan logis-matematis (X2), dan efektifitas belajar (Z). Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional dan cara belajar efektif yang tinggi akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan logis-matematis dan efektifitas belajar sebagai variabel pemoderasi terhadap hasil belajar akuntansi.

            Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Blitar berjumlah 111 siswa, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 87 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MRA (Moderated Regresion Analysis).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional dan kecerdasan emosional berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar dan memberikan kontribusi sebesar 26,9% dan 36,6% dan efektifitas belajar sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh kecerdasan emosional  dengan memberikan kontribusi 37,7% dan sedangkan variabel moderator tidak dapat memperkuat pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar akuntansi dengan memberikan kontribusi sebesar 34,1%. variabel persepsi tentang kecerdasan emosional merupakan variabel quasi moderator. Hasil belajar akuntansi akan meningkat jika dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kecerdasan logis-matematis serta diperkuat oleh efektifitas belajar.

            Disarankan bagi siswa (a) dapat mengontrol emosi dan memotivasi diri, (b) belajar mandiri, (c) lebih banyak mengerjakan soal-soal agar kecerdasan logikanya berjalan lebih baik, (d) meningkatkan cara belajar yang efektif. Dan disarankan bagi peneliti selanjutnya (a) menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas serta menambah variabel independe, (b) tehnik pengumpulan data dapat ditambahkan, seperti menggunakan tehnik observasi dan wawancara sehingga data yang terkumpul dapat lebih lengkap,mendalam dan akurat.