SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Pemoderasi pada Siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang

Febby Arista Eka Candra

Abstrak


ABSTRAK

 

Candra, Febby Arista Eka. 2017. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Pemoderasi pada Siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si. Ak.

 

Kata kunci: Efikasi Diri, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dari proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah efikasi diri dan motivasi belajar. Siswa yang memiliki efikasi diri dan motivasi yang tinggi akan memiliki hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel pemoderasi.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 78 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah efikasi diri (X), hasil belajar (Y), dan motivasi belajar (Z). Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dan memberikan kontribusi sebesar 24,2%. Motivasi belajar sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dan memberikan kontribusi sebesar 35,1%. Variabel motivasi belajar dapat berfungsi sebagai variabel moderator semu (quasi moderator). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pengantar akuntansi akan meningkat jika dipengaruhi oleh efikasi diri serta diperkuat oleh motivasi belajar.

Disarankan bagi siswa agar dapat meningkatkan efikasi diri dan motivasi belajar agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar. Bagi peneliti selanjutnya agar menambah teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara agar informasi yang diperoleh lebil lengkap dan mendalam, menambah cakupan populasi yang lebih luas dan menambah variabel independen.