SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Balance Scorecard Sebagai Penilaian Kinerja Pada Institusi Sekolah

Eka Pratiwi Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Eka Pratiwi. 2017. Implementasi Balance Scorecard Sebagai Penilaian Kinerja Pada Institusi Sekolah. Skripsi, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri, S.Pd., M.Sa. (II) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

 

Kata kunci: Balance Scorecard, Penilaian Kinerja, Sekolah

Dalam dunia bisnis penggunaan konsep Balance Scorecard (BSC) digunakan lebih dari 50% perusahaan. Sekolah juga sebenarnya juga merupakan sebuah industri, lebih tepatnya disebut industri jasa. Konsep BSC pada organisasi publik khususnya sekolah mengutamakan pada kepuasan pelanggan (perspektif pelanggan) yaitu para stakeholder (siswa dan orang tua siswa) yang menerima imbas atas layanan pendidikan tersebut secara langsung maupun tidak. Implikasi dari penggunaan pendekatan ini adalah dapat dirumuskannya strategi baru yang digunakan sebagai acuan dalam penerapan BSC di masa mendatang sebagai bahan evaluasi terhadap penerapannya karena dapat diketahui faktor pendukung keberhasilan dan penghambat pada masing-masing perspektif tentunya dengan memperhatikan tujuan pendidikan itu sendiri yaitu bukan berorientasi pada pencapainan laba. Penelitian ini mengukur kinerja SMAI Al Ma’arif Singosari dengan pendekatan Balance Scorecard yang diukur melalui perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran.

Metode yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kepada kepala sekolah, guru dan karyawan serta siswa dan orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif pada pengumpulan data pada periode tertentu.

Hasil menunjukkan pengukuran kinerja dengan Balance Scorecard pada Perspektif Keuangan memiliki kategori tercapai sehingga menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan telah dilakukan dengan baik. Pengukuran kinerja dengan Balance Scorecard pada Perspektif pelanggan memiliki kategori tercapai sehingga menunjukkan bahwa sekolah mampu memberikan pelayanan dengan baik terhadap siswa maupun orang tua siswa. Pengukuran kinerja dengan Balance Scorecard pada bisnis internal memiliki kategori tercapai sehingga menunjukkan bahwa sekolah mampu memanajemen seluruh bidang dalam sekolah  dengan baik. Pengukuran kinerja dengan Balance Scorecard pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran memiliki kategori belum tercapai sehingga menunjukkan bahwa sekolah belum mampu mengelola komponen pembelajaran dengan baik. Pengukuran kinerja dengan Balance Scorecard memadukan empat perspektif bisnis, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan sehingga menghasilkan pengukuran yang lebih menyeluruh dan terinci. Mengukur kinerja SMAI Al Maarif Singosari dengan menggunakan metode Balance Scorecard menghasilkan total pengukuran kinerja yang baik dan memuaskan.

 

ABSTRACT

 

Wulandari, Eka Pratiwi. 2017. Implementation of Balance Scorecard As Performance Assessment At School Institution. Sarjana’s Thesis, Department of Accounting, Faculty of Economics State University of Malang. Advisors:  (I) Sulastri, S.Pd., M.Sa. (II) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

 

Key word: Balance Scorecard, Performance Assesment, School

In the business world, Balance Scorecard (BSC) concept has been used more than 50% of companies. The school is also actually an industry, more precisely called the service industry. The concept of BSC in public organizations especially schools focuses on customer satisfaction (customer perspective) ie stakeholders (students and parents) who receive the impact of the education service directly or indirectly. The implication of using this approach is the formulation of a new strategy that is used as a reference in the application of BSC in the future as an evaluation material to its application because it can be known the success and obstacle factors in each perspective of course with attention to the goal of education itself that is not oriented to the pursuit profit. This study measures the performance of SMAI Al Ma'arif Singosari with Balance Scorecard approach which is measured through financial perspective, customer, internal business process, growth and learning.

The method used is descriptive research with the subject of research that is to the principal, teachers and employees as well as students and parents of students. This research uses descriptive analysis on data collection at certain period.

The results show that performance measurement with Balance Scorecard in Financial Perspective has achieved category to show that financial management has done well. Performance measurement with Balance Scorecard on Perspective customer has achieved category so that show that school able to give good service to students and parents of students. Performance measurement with Balance Scorecard on internal business has achieved category to show that schools are able to manage all areas of school well. Measurement of performance with Balance Scorecard on growth and learning perspective has not yet achieved category to show that school has not been able to manage learning component well. Performance measurement with Balance Scorecard combines four business perspectives, namely financial, customer, internal business processes, and learning and growth so as to produce more comprehensive and detailed measurements. Measuring the performance of SMAI Al Maarif Singosari by using Balance Scorecard method resulted in a total measurement of good and satisfactory performance