SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEBERADAAN GURU PPL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 6 MALANG

HANGGA YUDHA WIJAYA

Abstrak


ABSTRAK
 
Yudha  Wijaya,  Hangga.   2009.   Pengaruh   Persepsi   Siswa   tentang  Keberadaan  Guru   PPL  terhadap
Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 6
Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra.  Suparti,  M.P.,   (2) Ika Putri Larasati, SE.,
M.Com
 
Kata Kunci: Persepsi, PPL, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

  Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam prajabatan guru dirancang untuk melatih para calon
guru  mengusai   kemampuan   keguruan   yang   utuh   dan   terintegrasi,   sehingga   setelah  menyelesaikan
pendidikannya mereka siap untuk secara mandiri  mengemban  tugas sebagai  guru.  Keberadaan guru
PPL di  sekolah praktik akan menimbulkan persepsi  siswa untuk  lebih  termotivasi  dalam mengikuti
pelajaran di  sekolah.  Dengan meningkatnya motivasi  belajar siswa akan berpengaruh  terhadap hasil
belajar atau prestasi belajar siswa secara optimal.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru
PPL  terhadap  motivasi   belajar   siswa,   (2)   pengaruh   persepsi   siswa   tentang   keberadaan   guru   PPL
terhadap prestasi belajar siswa,      (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa,
(4)  pengaruh  tidak  langsung persepsi  siswa  tentang keberadaan guru PPL  terhadap prestasi  belajar
siswa melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang dilakukan pada 30 siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
Eksplanasi Asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Adapun
teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).  
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL dapat
mempengaruhi  motivasi  belajar  siswa dengan nilai  koefisien beta  terstandarisasi   sebesar  0,505,   (2)
persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai
koefisen beta  terstandarisasi  sebesar  0,569,   (3)  motifasi  belajar  siswa dapat  mempengaruhi  prestasi
belajar   siswa dengan nilai  koefisien beta  terstandarisasi  sebesar  0,449,    (4)  persepsi   siswa  tentang
keberadaan guru PPL berpengaruh pada prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa sebesar
0,251.  

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat diberikan adalah: (1) Siswa hendaknya
memiliki  persepsi  yang positif  sehingga dapat   lebih  termotivasi  untuk belajar  dan diharapkan dapat
memperhatikan faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar sehingga prestasi belajar dapat
tercapai  secara optimal,   (2)  bagi  peneliti   lain yang akan mengadakan penelitian sejenis,  disarankan
variabel yang ingin diteliti lebih diperluas sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan
dan memberikan hasil penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.