SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Ukuran Perusahaan; Profitabilitas; dan Likuiditas Terhadap Penggunaan Internet Financial Reporting

LELLY INDAH ULVITASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulvitasari, Lelly Indah. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Penggunaan Internet Financial Reporting. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdyah, S.E., M.Si., Ak.C.A.

 

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Internet Financial Reporting (IFR)

Perkembangan budaya masyarakat modern, harus diakui bahwa teknologi telah merubah tata kehidupan kita khususnya teknologi informasi. Internet merupakan teknologi informasi yang banyak menjanjikan kemudahan dan fasilitas, melalui media ini kita dapat memperoleh informasi berbagai macam informasi yang dibutuhkan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaporan keuangan melalui internet (internet financial reporting) yang terdiri dari ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatifdan penelitian ini menggunakan desain kasual (causal) yang berguna untuk menganalisis hubungan antar satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan penarikan sampel menggunakan metode purposive samplingi. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah 76 perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data di analisis dengan menggunakan regresi logistik (logistic regression) dengan tingkat signifikansi 5% untuk memperoleh kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan praktik pelaporan keuangan melalui internet (internet financial reporting). Sedangkan Profitabilitas dan Likuiditas tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap penerapan praktek pelaporan keuangan melalui internet.