SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PENINGKATAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 MALANG MELALUI KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PERMAINAN TEKA-TEKI

Anggi Wahyu maulandani

Abstrak


ABSTRAK
Maulandani, Anggi Wahyu. 2009. Perbedaan Peningkatan Sikap dan Hasil Belajar
Peserta Didik SMA Negeri 8 Malang melalui Kombinasi Metode
Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan teka-teki. Skripsi,
Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi. FE. Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si. Ak. (II)
Sawitri Dwi Prastiti. S.E. M.Si. Ak.
Kata kunci: metode pembelajaran Think Pair Share, permainan teka-teki, sikap,
hasil belajar
Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil
belajar peserta didik di sekolah. Berangkat dari fakta yang diperoleh peneliti
khususnya mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS masih disampaikan
dengan metode konvensional. Dari sini peneliti mencoba menggunakan kombinasi
metode pembelajaran think pair share dengan permainan teka-teki untuk
mengetahui apakah metode ini dapat meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa
bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 8 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian membagi
sasaran penelitian menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelompok yang dalam proses
pembelajarannya menggunakan metode konvensional atau ceramah. Kelompok
eksperimen adalah kelompok yang dalam proses pembelajarannya menggunakan
kombinasi metode pembelajaran think pair share dengan permainan teka-teki
dalam mata pelajaran akuntansi. Pada akhir eksperimen maka akan diuji
kelompok mana yang lebih baik apakah kelompok kontrol ataukah kelompok
eksperimen. Analisis yang digunakan untuk menguji kemampuan awal dan
kemampuan akhir siswa adalah analisis uji t.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil
belajar akuntansi siswa melalui kombinasi pembelajaran think pair share dengan
permainan teka-teki lebih bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Selanjutnya dilihat dari respon sikap siswa dari hasil pengamatan menunjukkan
bahwa siswa memiliki kecenderungan respon positif. Berdasarkan dari analisis
data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar akuntansi dan sikap siswa
kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dengan kombinasi metode
pembelajaran think pair share dengan permainan teka-teki lebih baik bila
dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi dan sikap siswa kelompok kontrol
yang diberi perlakuan secara konvensional.
Penulis menyarankan untuk: (1) menerapkan pembelajaran TPS sebagai
variasi guru dalam mengajar, juga karena dapat meningkatkan sikap siswa dalam
kegiatan pembelajaran dan hasil belajar, (2) untuk meningkatkan hasil belajar
siswa hendaknya guru memilih strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa
aktif dalam kegiatan pembelajaran dikelas, (3) Bagi lembaga pendidikan atau
instansi terkait disarankan untuk dapat mensosialisasikan pembelajaran kooperatif
khususnya metode Think Pair, (4) Kapasitas kelas yang digunakan sebagai
eksperimen sebaiknya tidak melebihi terlalu banyak, (5) Peneliti mengharapkan
ada penelitian sejenis dengan memperhatikan faktor-faktor pendukung yang lain
yang turut berpengaruh terhadap hasil penelitian namun tidak teridentifikasi
dalam jabaran variabel penelitian.