SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kertersediaan Sumber Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Malang.

Veby Eka Lestari

Abstrak


ABSTRAK
Lestari Eka, Veby. 2009. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kertersediaan Sumber Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akunntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sumadi, Drs., SE., M.M (2) Suparti Dra., M.P
Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Ketersediaan Sumber Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa.
Presatasi belajar merupakan hasil belajar siswa yang diperoleh siswa dalam menyerap atau menerima ilmu pengetahuan dan materi pelajaran yang diberikan oleh guru selama proses belajar mengajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk tes atau angka nilai. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain yaitu lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah. Semakin tinggi ketersediaan sumber belajar akan berkontribusi terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa atau sebaliknya. Dan semakin baik lingkungan keluarga akan berkontribusi terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa atau sebaliknya. Dengan demikian, penelitian ini mengkaji tentang pengaruh lingkungan keluarga dan ketersedian sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Malang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa secara parsial maupun simultan di SMA Negeri 2 Malang.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner (angket). Sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Malang, dan 2) Ada pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Malang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditarik kesimpulan Bahwa lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan ketersediaan sumber bealajar sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa sehingga dengan kondisi seperti ini diharapkan siswa dan orang tua mengerti akan pentingnya dorongan dan motivasi untuk belajar.