SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gender dan Prestasi Belajar Melalui Motivasi Memilih Jurusan Siswa Kelas X SMK Negeri I Turen Malang Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/2009.

indah lestari

Abstrak


ABSTRAK

Lestari, Indah. 2009. Pengaruh Gender dan Prestasi Belajar Melalui

            Motivasi Memilih Jurusan Siswa Kelas X SMK Negeri I Turen

            Malang Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi.

            Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi

            Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

            Pembimbing: (1) Dr. Dyah Aju Wardhani M.Si., Ak.,  (II) 

            Sawitri  Dwi Prastiti, S.E, M.Si, Ak.

Kata Kunci :  Gender, Motivasi Memilih Jurusan, Prestasi Belajar

Prestasi belajar merupakan hasil belajar siswa yang diperoleh siswa dalam menyerap atau menerima ilmu pengetahuan dan meteri pelajaran yang diberikan oleh guru selama proses belajar mengajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk tes atau angka nilai. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, antara lain yaitu motivasi siswa dalam memilih jurusan di sekolahnya.

Motivasi memilih jurusan merupakan motivasi atau keinginan untuk memilih dan berusaha mencapai tujuan dan cita-cita berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Dalam memilih jurusan, Gender juga mempengaruhinya. Gender merupakan suatu konsep yang mengacu pada peran-peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan sebagai hasil konstruksi social yang dapat diubah sesuai dengan perubahan jaman.

Di SMK untuk Bisnis dan Manajemen khususnya jurusan Akuntansi dianggap sebagai jurusan untuk perempuan saja. Padahal pada dasarnya, siswa laki-laki dan perempuan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk dapat bersekolah sesuai dengan harapan dan cita-citanya serta dapat berprestasi di bidangnya.

Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi Semester I di SMKN I Turen Malang Tahun Ajaran 2008/2009 . Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling.  Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan uji beda rata-rata atau t-test.

Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh motivasi memilih jurusan terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMKN I Turen. Kemudian dari hipotesis kedua diperoleh bahwa terdapat perbedaan gender dalam motivasi memilih Jurusan  siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMKN I Turen. Hipotesis ketiga dari hasil analisis data menyatakan bahwa terdapat perbedaan gender atas prestasi belajar siswa kelas X jurusan Akuntansi SMKN I Turen.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Siswa dapat mengembangkan potensi dan minat yang ada pada diri masing-masing, (2) Bagi Sekolah, yaitu menciptakan kondisi dan strategi belajar di dalam kelas yang efektif agar membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, dan adanya promosi dari pihak sekolah untuk memperkenalkan SMK kepada masyarakat. (3) Peneliti menyarankan bagi para pembaca yang berminat untuk meneliti kasus sejenis, sebaiknya menggunakan sampel yang lebih luas dan menambah variabel lain diluar variabel gender dan motivasi memilih jurusan.