SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru Bidang Studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota Kediri

Yulidhul Fitriya

Abstrak



ABSTRAK
Fitriya, Yulidhul. 2010. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, dan
Pengalaman Mengajar terhadap Kinerja Guru Bidang Studi Akuntansi di SMA
Negeri se-Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ika Putri Larasati, S.E.,
M.Com, (2) Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak.
Kata kunci: tingkat pendidikan, pelatihan, pengalaman mengajar, kinerja guru
Bahwa pendidikan Indonesia sampai saat ini belum mampu secara
optimal membentuk masyarakat Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya
saing dengan masyarakat global. Hal ini tampak bahwa kualitas SDM Indonesia
masih tergolong rendah sebagai salah satu akibat dari rendahnya mutu pendidikan.
Upaya-upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru yaitu dengan
adanya UU No.14 tahun2005 tentang Guru dan Dosen yang menyebutkan guru
dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik Pendidikan Tinggi Program Sarjana
atau Diploma Empat. Selain itu dengan adanya UU No.22 tahun 1999 tentang
Pemerintah Daerah menyebutkan adanya otonomi pendidikan ke sekolah.
Kemandirian sekolah ini dapat menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki
guru. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satu upaya peningkatan kualitas
kinerja guru yaitu melalui pelatihan bagi guru-guru di sekolah. Selain tingkat
pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar yang cukup juga mempengaruhi
peningkatan kualitas kinerja guru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah rendahnya kualitas kinerja guru dipengaruhi oleh tingkat
pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan
populasi penelitian yaitu 30 guru bidang studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota
Kediri. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara tingkat
pendidikan terhadap kinerja guru bidang studi Akuntansi yang ditunjukkan
dengan nilai thitung (2,084) > ttabel (2,056), adanya pengaruh antara pelatihan
terhadap kinerja guru bidang studi Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai thitung
(6,982) > ttabel (2,056), adanya pengaruh antara pengalaman mengajar terhadap
kinerja guru bidang studi Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai thitung (4,294) >
ttabel (2,056) dan adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan,
pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bidang studi Akuntansi
yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung (32,798) > Ftabel (2,96). Dari hasil analisis
regresi berganda diperoleh nilai Adjusted R Square 0,767. Hal ini berarti 76,7%
perubahan variabel Y disebabakan oleh variabel X1, X2, X3 sedangkan sisanya
23,3% disebabkan oleh faktor lain.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara tingkat
pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bidang
studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota Kediri baik secara simultan maupun
secara parsial. Oleh karena itu saran bagi guru bidang studi Akuntansi di SMA
Negeri se-Kota Kediri untuk mempertahankan dan mengambangkan metode
pembelajaran dengan mengikuti pelatihan guru atau MGMP untuk meningkatkan
kualitas kinerja guru bidang studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota Kediri.