SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Boyolangu

Meily Selfia

Abstrak


ABSTRAK

Selfia, Meily. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Boyolangu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) DR. H. Tuhardjo, S.E., M.Si, Ak., Pembimbing (2) Dra. Tri Laksiani, S.E., MM.

Kata Kunci: Persepsi, Kompetensi Profesional Guru, Keterampilan Pengelolaan   Kelas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi belajar. Guru memiliki peranan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, karena guru yang menjadi panutan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Kompetensi profesional dan keterampilan guru dalam mengelola kelas merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang guru. Jika persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan keterampilan pengelolaan kelas positif, maka akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan secara tidak langsung akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi menggunakan analisis regresi dan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu dengan jumlah total 165, sedangkan sampel yang digunakan adalah 82 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai raport siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar, 2) terdapat pengaruh langsung keterampilan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar, 3) terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar, 4) terdapat pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, dan 5) terdapat pengaruh tidak langsung keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar (a) guru terus berusaha meningkatkan kompetensi profesional dan keterampilannya dalam mengelola kelas karena hal tersebut dapat memotivasi belajar siswa, (b) siswa terus berusaha meningkatkan motivasi belajarnya, karena dilihat dari persepsi siswanya, guru-guru SMK Negeri 1 Boyolangu memiliki kompetensi profesional dan keterampilan pengelolaan kelas yang baik.