SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh gaya kepemimpinan dan kebijakan ketenagakerjaan terhadap produktifitas karyawan

ARIF HERDIANSYAH

Abstrak


i
ABSTRAK
Herdiansyah, Arif. 2009. Pengaruh Gaya Kepemiminan dan Kebijakan Ketenagakerjaan Terhadap Produktivitas Karyawan (Studi pada karyawan Pabrik Rokok JATI KAWI di Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si. (2) Elfia Nora, S.E, M.Si.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kebijakan Ketenagakerjaan, Produktivitas Karyawan
Perekonomian global berkaitan secara langsung dengan perekonomian Indonesia, oleh karena perekonomian Indonesia adalah perekonomian terbuka dimana transaksi ekspor - impor memainkan peran penting dalam memacu perekonomian Indonesia. Secara makro, terpinggirnya sektor ketenagaerjaan tampak dari minimnya alokasi anggaran yang disediakan oleh pemerintah. Dalam kaitannya dengan peningkatan produkivitas tenaga kerja, kepemimpinan, kebijakan ketenagakerjaan sangat menentukan kualitas kerja seseorang serta produktivitas dalam suatu perusahaan. Produktivitas tenaga kerja dipengaruhi oleh kepemimpinan dan kebijakan pemerintah dalam bidang tenagakerjaan yang diberlakukan di masing-masing unit perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kondisi deskriptif gaya kepemimpinan dan kebijakan ketenagakerjaan di PR. JATI KAWI Kab. Malang. (2)Tingkat produktivitas karyawan di PR. JATI KAWI Kab. Malang. (3) Pengaruh yang signifikan kepemimpinan dan kebijakan ketenagakerjaan secara parsial terhadap produktivitas karyawan di PR. JATI KAWI. (4) Pengaruh yang signifika kepemimpinan dan kebijakan ketenagakerjaan secara simultan terhadap produktivitas kerja di PR. JATI KAWI.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan pada PR. JATI KAWI yang berjumlah 395 orang. Penelitian ini melibatkan tiga variabel, yaitu dua variabel bebas (X1) dan (X2) variabel terikat (Y). Variabel bebas yang meliputi: (X1) Gaya Kepemimpinan dan (X2) Kebijakan Ketenagakerjaan sedangkan (Y) Produktivitas Karyawan. Data diperoleh melalui. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan menggunakan bantuan komputer program SPSS 12.0 for Windows.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Gaya Kepemimpinan (X1) dan Kebijakan Ketenagakerjaan (X2) secara simultan
ii
mempunyai pengaruh signifikan terhadap Produktivitas kerja karyawan di Perusahaan Rokok "JATI KAWI" Malang (Y). (2) bahwa Gaya Kepemimpinan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas karyawan di Perusahaan Rokok "JATI KAWI" Malang (Y). (3) Kebijakan Ketenagakerjaan (X2) berpengaruh terhadap Produktivitas karyawan di Perusahaan Rokok "JATI KAWI" Malang (Y).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan: (1)Pimpinan dapat menciptakan dan meningkatkan suasana yang dapat membantu menimbulkan motivasi yang kuat dalam diri karyawan. Dengan adanya peningkatan perhatian pimpinan terhadap penyelesaian tugas bawahan diharapkan mampu memberikan motivasi bagi peningkatan prestasi kerja karyawan. (2) Perusahaan tetap mempertahankan kebijakan ketenagakerjaan yang telah disepakati bersama antara pihak perusahaan dengan pemerintah mengenai aturan-aturan pemberian UMR, tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya dan kesejahteraan sosial. (3) Untuk menjaga sikap dan gaya kepemimpinan yang menunjang pencapaian tujuan perusahaan, maka diperlukan adanya pengawasan yang tepat dari pimpinan terhadap bawahan, karena pimpinan merupakan figur dan teladan bagi bawhaannya. (4) Untuk lebih menguatkan semua hipotesis dan model konsep yang terbukti secara empiris diterima, maka perlu dilakukan penelitian-penelitian ulang dalam organisasi yang berbeda, baik yang menggunakan model konsep yang sama atau dengan menambah beberapa peubah lain yang sekiranya mampu menjelaskaan aspek-aspek gaya kepemimpinan dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.