SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Fre Cash Flow, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur yang listing di bursa efek indonesia tahun 2007-2008

RIZALDHI PAMUDITRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamuditra, Rizaldhi. 2010. Pengaruh Free Cash Flow dan Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2008. Skripsi, Jurusan  Manajemen, Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dyah Aju Wardhani, S.E., M.Si., Ak. (II) Ibu Sri Puji Ningsih, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Free Cash Flow, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang

 

Tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran pemilik perusahaan atau pemegang saham. Pemegang saham sebagai pemilik perusahaan mempercayakan pengelolaan kepada pihak manajemen untuk membuat keputusan sesuai kepentingan pemilik.  Pemilik perusahaan dengan manajemen memiliki kepentingan masing-masing di dalam perusahaan. Perbedaan kepentingan tersebut disebut dengan agency problem. Hubungan antara pemilik perusahaan dengan manajemen tersebut juga menyangkut dengan adanya free cash flow di dalam perusahaan. Dan pada akhirnya bermuara pada kebijakan pendanaan perusahaan yang dalam hal ini merupakan kebijakan hutang perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh free cash flow terhadap kebijakan hutang, pengaruh kepemilikan manajerial terhadap kebijakan hutang, kepemilikan institusional terhadap kebijakan hutang, dan pengaruh free cash flow dan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional terhadap kebijakan hutang. Variabel dalam penelitian ini adalah free cash flow, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan inastitusional.

Populasi dalam penelitian meliputi seluruh perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2008. Pengambilan sampel dalam penelititn ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah 44 perusahaan manufaktur dengan kriteria tertentu. Periode pengamatan dalam penelititan yaitu selama dua tahun yaitu mulai tahun 2007-2008. data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yang diperoleh dari Pusat Data Bisnis (PDB) Universitas Negeri Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa free cash flow mempunyai pengaruh positif  dan signifikan terhadap kebijakn hutang, kepemilikan manajerial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan hutang, kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan hutang dan tidak signifikan. Dan free cash flow dan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional memiliki pengaruh yang signifikan antara terhadap kebijakan hutang.

Saran untuk penelititan terkait selanjutnya adalah untuk menambah variabel baru seperti faktor eksternal perusahaan, menggunakan satu set rasio dalam sebuah proksi dan menambahkan variabel proksi yang lainnya seperti proksi berdasarkan harga, investasi dan ukuran variansi.