SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH DELTA DPS, PRICE, TRANS DAN VARIAN TERHADAP ASIMETRI INFORMASI DI PASAR MODAL INDONESIA (STUDY PADA BURSA EFEK INDONESIA)

BINTI MUNFARIDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Munfarida, Binti. 2009. Pengaruh ∆DPS, Price, Trans dan Varian  Terhadap Asimetri Informasi di Pasar Modal Indonesia (Study Pada Bursa Efek Indonesia). Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si. , Ak ., (II) Sri Pujiningsih , S.E., M.Si. , Ak.

 

Kata Kunci : Deviden Per Share (DPS), Price, Trans, Varian dan Bid-Ask Spread.

 

            Pengumuman dividen berpengaruh terhadap asimetri informasi. Hal ini disebabkan pengumuman dividen memiliki kandungan informasi yang penting dan digunakan oleh manajemen untuk menyatakan informasi tentang prospek perusahaan dimasa mendatang. Saat informasi tersebut disampaikan ke publik, sebagian pelaku pasar dapat memprediksinya. Indikator untuk mengukur Pengumuman dividen diantaranya adalah Deviden Per Share (DPS) merupaka jumlah deviden tahunan yang dibagi dengan jumlah saham yang berhak memperoleh deviden, Price merupakan harga saham perusahaan pada penutupan bursa (closing price) setiap hari, Trans merupakan jumlah transaksi saham perusahaan setiap hari atau volume perdagangan saham setiap hari, dan Var merupakan Varian return atau variabilitas return (variance) harian. Sedangkan indikator untuk mengukur asimetri informasi adalah Bid-Ask Spread, Bid-Ask Spread merupakan selisih harga beli tertinggi dengan harga jual terendah saham. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara variabel Deviden Per Share (DPS), Price, Trans, dan Var terhadap variabel Bid-Ask Spread.

Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data laporan keuangan perusahaan dan data harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ-45 periode 2006-2007 sebanyak empat puluh lima (45) perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak lima belas (15) perusahaan. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purpossive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Uji regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh antara variabel Deviden Per Share (DPS), Price, Trans, dan Var terhadap variabel Bid-Ask Spread secara parsial dan secara simultan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing variabel Deviden Per Share (DPS), Price, Trans, dan Var tidak berpengaruh terhadap variabel Bid-Ask Spread. Sedangkan secara simultan variabel Deviden Per Share (DPS), Price, Trans, dan Var tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel Bid-Ask Spread. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel-variabel lain yang lebih potensial memberikan kontribusi terhadap pergerakan harga saham, menambah periode observasi, dan mengganti sampel penelitian, misalnya untuk semua perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia, sehingga hasilnya lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia yang sesungguhnya.