SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Berbasis Articulate

Amalina Yusdianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Yusdianti, Amalina. 2017. Pengembangan Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Berbasis Articulate. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulastri, S.Pd., M.SA, (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.

 

Kata Kunci: pengembangan materi, siklus akuntansi perusahaan jasa, Articulate Storyline 2

Articulate merupakan sebuah program authoring tools yang merupakan aplikasi mix programming untuk mendesain suatu media pembelajaran. Program Articulate telah terintegrasi dengan kelompok aplikasi Microsoft Office, yaitu Microsoft PowerPoint. Aplikasi Articulate ini mempunyai kelebihan yaitu smart brainware yang sederhana dengan prosedur tutorial interaktif melalui template yang dapat dipublish secara offline maupun online sehingga memudahkan user memformatnya dalam bentuk web personal, CD, word processing, dan learning Management System (LMS).

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran akuntansi berbasis Articulate Storyline 2 dengan materi siklus akuntansi perusahaan jasa. Articulate Storyline 2 dibuat sebagai media pembelajaran yang memadukan teks, gambar, video, animasi untuk memotivasi belajar dan menjadi media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Dick&Carey yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi (1) analisis situasi awal, (2) perancangan produk, (3) pembuatan produk, (4) uji kelayakan produk/validitas, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan terbatas, dan (7) produk akhir.

Berdasarkan hasil analisis dari validasi diperoleh penilaian dari validasi materi sebesar 93,33%, validasi media sebesar 80%, dan validasi uji coba terbatas sebesar 87,75%. Apabila hasil validasi tersebut dihitung secara keseluruhan, diperoleh rata-rata sebesar 87,02%. Hal ini maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis Articulate pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa kelas XI dinyatakan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran interaktif sebagai media komplementer (pelengkap) pada mata pelajaran akuntansi untuk memudahkan siswa memahami materi, dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar materi akuntansi.

Kelebihan dari produk yang dikembangkan adalah media mudah dioperasikan dengan tampilan yang menarik, tterdapat suara narator yang memperjelas materi, terdapat video ilustrasi, dan evaluasi yang disediakan bervariasi. Sedangkan kelemahan dari produk ini adalah suara yang ditampilkan monoton, gambar dan animasi yang ditampilkan terbatas, media dioperasikan pada komputer atau laptop yang memenuhi spesifikasi minimum. Untuk mengembangkan produk selanjutnya, hendaknya pengembang melakukan uji efektifitas lebih lanjut untuk mengetahui tingkat keefektifan multimedia pembelajaran berbasis Articulate. Pengembang juga dapat membuat produk dengan materi bahasan yang lain, yang lebih lengkap, lebih interaktif, dan tampilan produk yang berkualitas dengan menambahkan gambar, video, lagu, dan animasi.