SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Multimedia Interaktif Menggunakan Authoring Tool Lectora Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa

Fauqi Khusnul Khuluq

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Khuluq, Fauqi Khusnul. 2017. Pengaruh Penerapan Multimedia Interaktif Menggunakan Authoring Tool Lectora Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

 

Kata kunci: multimedia interaktif lectora inspire, motivasi belajar, hasil belajar.

 

Perkembangan teknologi informasi saat ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, guru sebagai komponen terpenting dalam proses pembelajaran dituntut untuk mampu menciptakan media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menarik guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Media yang sering digunakan guru saat ini adalah media presentasi dengan menggunakan software  power point. Namun dalam praktiknya, sering kali guru hanya menampilkan slide dengan tulisan-tulisan panjang dan monoton. Selain akan menimbulkan rasa bosan, siswa juga akan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Hal ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi, sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang baik. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi terhadap media pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik, lebih bervariasi, dan tidak membosankan bagi siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah multimedia interaktif lectora inspire. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif lectora inspire terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri Tegalsari, Banyuwangi tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terpilih kelas X Ak 3 sebagai kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan multimedia interaktif lectora inspire, sedangkan kelas X Ak 2 sebagai kelompok kontrol diberikan perlakuan media pembelajaran power point. Teknik  analisis data menggunakan uji-t menggunakan independent-sample T-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata skor motivasi kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol dan nilai sig. motivasi belajar sebesar 0,013 < 0,05. (2) Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan nilai sig. hasil belajar sebesar 0,030 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia interaktif lectora inspire berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Saran yang dianjurkan oleh peneliti adalah (1) Digunakan sebagai pertimbangan oleh pihak sekolah guna memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran agar terjadi perbaikan pada kualitas pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menarik. (2) Dapat diterapkan dalam pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (3) Penelitian selanjutnya hendaknya mengukur motivasi belajar tidak hanya dengan kuesioner, tetapi dikombinasikan dengan teknik wawancara.