SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Berbasis 3D PageFlip Professional Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa

Su'ud Wahedi

Abstrak


ABSTRAK

Wahedi, Su’ud. 2017. Pengembangan E-Module Berbasis 3D PageFlip Professional pada Mata Pelajaran Akuntansi perusahaan Jasa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: e-module berbasis 3d pageflip professional, akuntansi perusahaan jasa.

Perkembangan teknologi dan informasi telah mewarnai pelbagai segi kehidupan manusia, di antaranya dalam aspek budaya, sosial, politik, dan pendidikan. Pemanfaatan teknologi dan infomasi dipandang perlu untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran agar peserta didik termotivasi untuk belajar secara mandiri sebagaimana yang diamanatkan dalam UU RI NO. 65 tahun 2013. Perkembangan TIK dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bahan ajar sebagai komplemen dari bahan ajar cetak yang sudah ada. Bahan ajar yang dapat kembangkan adalah e-module berbasis 3d pageflip professional.             

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis 3d pageflip professional pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas X SMK jurusan akuntansi dan untuk menguji kelayakan dan efektivitas e-module tersebut dalam pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Research dan Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu: (1) pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli, (5) revisi validasi ahli, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket tertutup yang disusun dengan skala likert dan hasil pretest dan posttest pada kegiatan eksperimen. Sedangkan data kualitatif berupa kritik dan saran dari para ahli dan pengguna. Sumber data penelitian ini adalah seorang guru sebagai ahli materi, seorang dosen sebagai ahli desain e-module, dan siswa SMKN 1 Malang dan siswa SMK Nuril Asror, Situbondo sebagai pengguna. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase, analisis deskriptif, dan paired sample t-test.

Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli desain e-module, dan pengguna, bahwa kualitas e-module berbasis 3d pageflip professional dapat dikategorikan layak atau valid digunakan untuk proses pembelajaran dengan skor rata-rata 90,88% oleh ahli materi, 84,44% oleh ahli desain e-module, 82,82% oleh siswa dan guru SMKN 1 Malang dan 89,93% oleh siswa SMK Nuril Asror. Sedangkan berdasarkan hasil paired sample t-test, diperoleh nilai signifikasi 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah belajar menggunakan e-module.             

   Pemanfaatan e-module berbasis 3d pageflip professional dalam kegiatan pembelajaran disarankan kepada guru atau fasilitator untuk selalu memantau kegiatan pembelajaran siswa dan juga untuk komputer/ laptop yang digunakan sebaiknya telah terkoneksi ke internet agar siswa dapat mengeksplorasi website yang telah disediakan di setiap akhir kegiatan pembelajaran.