SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015

Fauzi Meganandar

Abstrak


Meganandar, Fauzi. 2016. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015”. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. Pembimbing (II) Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, Ak.

 

Kata kunci:   Ketepatan Waktu, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Debt to

Equity Ratio.

 

Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan merupakan hal yang penting, karena informasi dalam laporan keuangan digunakan oleh para pengguna dalam pengambilan keputusan. Semakin cepat disampaikannya laporan keuangan, informasi yang terkandung di dalamnya makin bermanfaat, dan para pengguna laporan keuangan dapat mengambil keputusan yang lebih baik, baik dari segi kualitas maupun waktu. Dengan ditetapkannya Peraturan Bapepam Nomor: KEP/346/BL/2011 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Keuangan Berkala bahwa laporan keuangan harus disampaikan kepada Bapepam selambat-lambatnya pada akhir bulan ketiga (90 hari) setelah tanggal laporan keuangan tahunan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik perusahaan yang memengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2013 sampai dengan 2015. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan diperoleh berdasarkan publikasi situs homepage yaitu www.idx.co.id. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, yaitu tipe pemilihan sampel berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian adalah 115 perusahaan dengan pengamatan selama tiga tahun, sehingga sampel yang terpilih sebanyak 345 perusahaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik biner dengan tingkat signifikansi 0,05%.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan. Dan sebagai saran sebaiknya perusahaan menganalisis Ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan untuk mengantisipasi terjadinya teguran atau sanksi dari Bapepam jika perusahaan mengabaikan hal tersebut. Ketepatan waktu pelaporan keuangan merupakan kondisi dimana perusahaan memiliki kepatuhan dalam melaporkan laporan keuangannya secara tepat waktu sesuai aturan yang telah ditetapkan.