SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP PENCAPAIAN KINERJA KARYAWAN (Pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk. KANTOR CABANG MALANG MARTADINATA Tahun 2017)

Rossita Fitrianani Ristia

Abstrak


ABSTRAK

 

Ristia, Rossita Fitrianani. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Martadinata Malang tahun 2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonnomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M. A.C

 

 

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Tranformasional, Budaya organisasi, Sistem   Akuntansi Manajemen, Kinerja karyawan

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan gaya kepemimpinan transormasional, budaya organisasi, sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja karyawan dalam perusahaan. Perkembangan kinerja karyawan merupakan salah satu tolok ukur pencapaian tujuan atau target perusahaan.

Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Martadinata Malang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan tehnik analisis regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Jumlah anggota populasi sebanyak 141 orang karyawan. Dan penentuan ukusan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, sehingga memperoleh hasil sebanyak 107 responden yang akan dijadikan sampel dalam penelitian.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, dan sistem akuntansi manajemen berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Deskripsi penelitian menyatakan bahwa gaya kepemimpinan tranformasional, budaya organisasi, sistem akuntansi manajemen sudah diterapkan dengan baik, dan kinerja karyawan dikategorikan baik.

Untuk PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Martadinata Malang hendaknya dapat menciptakan suasana lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan dengan memanfaatkan faktor gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan sistem akuntansi manajemen. Dikarenakan tiga variabel tersebut mempengaruhi sebagian besar dari peningkatan kinerja karyawan di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.