SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU CONVERSE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi S1 Manajemen Angkatan 2013-2015 Universitas Negeri Malang)

fanni yola ernanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Jumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi pasar yang sangat potensial bagi perusahaan-perusahaan yang memasarkan produk-produk mereka. Perusahaan-perusahaan asing maupun dalam negeri berusaha mendirikan bisnis dan menciptakan jenis-jenis produk yang nantinya akan digemari oleh konsumen di Indonesia. Banyaknya perusahaan ini menciptakan adanya persaingan bisnis yang ketat. Perusahaan bisa menjadi pemenang dalam persaingan bisnisnya apabila perusahaan mampu menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kauntitatif. Analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah sampel jenuh karena jumlah anggota populasi kurang dari 100. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuhyaitu semua popilasi menjadi sampel. Responden penelitian ini berjumlah 42 orang mahasiswa yang menggunakan produk sepatu merek Converse di universitas negeri malang. Dimana semua sampel diambil dari seluruh jumlah populasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terjadi pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian sepatu merek Converse; (2) Terjadi pengaruh yang signifikan antara harga dengan keputusan pembelian sepatu merek Converse; (3) Terjadi pengaruh yang signifikan antara merek dengan keputusan pembelian sepatu merek Converse; (4) Terjadi pengaruh antara desain produk dengan keputusan pembelian sepatu merek Converse; (5) Kualitas produk,harga,merek,desain produk,kualitas produk bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu merek Converse. hasil uji asumsi klasik penelitian ini data berdistribusi normal, bebas multikolinieritas dan bebas heteroskedastisitas.

Adapun saran yang diberikan oleh peneliti diharapkan produsen sepatu merek Converse lebih meningkatkan penanaman logo sepatu merek Converse itu sendiri kepada jiwa para konsumen, agar konsumen dapat lebih mengenali logo dari sepatu merek Converse itu sendiri. Dengan cara lebih gencar melakukan kegiatan promosi terutama kepada anak muda.