SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN BOOK-TAX DIFFERENCE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM LQ45 DI BEI PERIODE 2010-2014)

Triandi Dimas Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Triandi Dimas. 2015. Pengaruh Manajemen Laba dan Book-Tax Differences Terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam LQ45 di BEI Periode 2010-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Endang Sri A, S.E., M.Si., Ak., (II) Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Manajemen Laba, Book-Tax Differences, Pajak Tangguhan, Agresivitas Pajak.

  Kegagalan pemerintah dalam merealisasikan penerimaan pajak beberapa tahun sebelumnya menjadi dasar penelitian ini, teori utama yang melatarbelakangi perusahaan melakukan agresivitas pajak yaitu Agency theory dengan menggunakan Political Cost Hypotesis untuk menjelaskan perilaku perusahaan, dimana semakin besar biaya politik yang dihadapi suatu perusahaan maka manajer cenderung untuk menangguhkan laba berjalan ke masa yang akan datang. Penangguhan laba perusahaan menyebabkan laba pada tahun tersebut menjadi kecil dan menurunkan beban pajak perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen laba dan book-tax differences terhadap agresivitas pajak perusahaan periode 2010 sampai 2014. Manajemen laba didapat dari pengukuran discreationary accrual. Book-tax differences diperoleh dari pajak tangguhan perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatif atau explanatory research, populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam LQ45. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 23 perusahaan yang melakukan agresivitas pajak. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar manajemen laba  semakin agresif perusahaan dalam mengurangi beban pajak penghasilannya. Book-tax differences berpengaruh negative signifikan terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukkan semakin besar book-tax differences semakin kurang agresif perusahaan terhadap pajak. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti aktivitas manajemen laba menggunakan model Discretionary Accrual forward Locking Model dan untuk sampel penelitian diharapkan peneliti selanjutnya terfokus pada satu atau dua jenis perusahaan.