SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN DAN PEMASARAN PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI (Studi Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 6 Malang)

Achmad Faishal Rifqi

Abstrak


ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN DAN PEMASARAN PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI

(Studi Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 6 Malang)

 

Abstrak. Tujuan penelitian di SMK PGRI 6 Malang adalah (1) apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang ditinjau dari faktor internal, dan (2) apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang ditinjau dari faktor eksternal. Sampel penelitian ini adalah 59 siswa yang diambil dari populasi kelas X Administrasi Perkantoran dan X kelas Pemasaran, Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Adapun teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik skala likert dan dokumentasi .Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi jika ditinjau dari faktor internal yang meliputi faktor fisiologis sebesar 34,73% dan faktor psikologis sebesar 65,27%. Jika ditinjau dari faktor eksternal yang meliputi faktor keluarga sebesar 30,81%, faktor sekolah sebesar 30,81% dan faktor lingkungan masyarakat 38,38% .

 

Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Pengantar Akuntansi

 

Abstract. The purpose of research in SMK PGRI 6 Malang is (1) what causes student learning difficulties Office Administration and Marketing in SMK PGRI 6 Malang viewed from internal factors (2) What causes student learning difficulties Office Administration and Marketing in SMK PGRI 6 Malang viewed from external factors. The sample of this research is 59 students taken from population class X Office Administration and X class Marketing, Sampling technique using saturated samples. The techniques in collecting data using a questionnaire and documentation with Likert scale techniques. Data analysis techniques in this study using quantitative descriptive statistics. The results showed that the factors that cause students have difficulty learning on the subjects Introduction to Accounting If reviewed from internal factors that include physiological factors of 34.73% and psychological factors of 65.27%. When viewed from external factors that include family factor of 30.81%, school factor of 30.81% and community environmental factors 38.38%.

 

Keywords: Analysis, Learning Difficulties, Introduction Accounting