SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Media Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri 2 Blitar

Anisatul Efriana

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Efriana, Anisatul. 2017. Pengaruh Penerapan Media Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto , M.Ed.

 

Kata Kunci: Media Interaktif Macromedia Flah 8, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

 

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap implementasi strategi pembelajaran yang menuntut adanya inovasi. Media sangat berperan penting dalam proses pembelajaran, namun keterbatasan guru dan sekolah khususnya di SMK 2 Blitar terkadang penggunaan media kurang optimal, padahal teknologi sekarang sudah canggih sehingga seharusnya media pembelajaran akan lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh media interaktif Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa, (3) pengaruh interaksi antara media interaktif Macromedia Flash 8 dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa.

Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Exsperimental) dengan desain penelitian Design Factorial. Dengan latar dan subjek penelitian siswa kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 dan X AK 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36, pengumpulan data yang dipakai adalah tes, kuesioner dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah Two Way ANOVA. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 21.0 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) terdapat pengaruh signifikan positif media interaktif Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa, (2) terdapat pengaruh signifikan positif motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa, (3) terdapat pengaruh pengaruh interaksi antara media interaktif Macromedia Flash 8 dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa, (4) media interaktif Macromedia Flash 8 lebih efektif digunakan pada siswa yang memiliki kecenderungan memiliki motivasi yang tinggi. Berdasarkan penelitian ini, disarankan : (1) guru mampu mengenali dan memahami motivasi belajar yang dimiliki siswa, (2) media interaktif Macromedia Flash 8 dapat dijadikan alternatif alam pembelajaran, (3) penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah teknik pengumpulan data dan mengukur semua aspek hasil belajar.