SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Siswa, dan Persepsi Siswa tentang Kepribadian Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri

novia krida kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Tingkat kecerdasan logis-matematis siswa, dan persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap keaktifan belajar siswa sangat beragam dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain itu, kemampuan berfikir siswa tergolong baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis siswa, dan persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap keaktifan belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Eksplanatory Research. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 2026 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri dari tujuh jurusan kompetensi keahlian yaitu: Teknik Komputer dan Jaringan, Usaha Perjalanan Wisata, Akuntansi, Multimedia, Perbankan, Administrasi Perkantoran, Pemasaran. Di kelas X, XI, XII yang berjumlah lima puluh tujuh kelas sebanyak 334 siswa. Instrumen penelitian ini adalah closed questionare dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kecerdasan logis-matematis siswa berpengaruh positif signifikan terhadap keaktifan belajar siswa (sig = 0,000 dan thitung = 11,217 lebih besar dari ttabel = 1,96; (2) persepsi siswa tentang kepribadian guru berpengaruh positif signifikan terhadap keaktifan belajar siswa (sig = 0,000 dan thitung = 10,659 lebih besar dari ttabel = 1,96).

Saran yang disampaikan penulis bagi peneliti lain yang melakukan penelitian yang serupa hendaknya peneliti selanjutnya menambahkan jumlah tempat penelitian sehingga nantinya terdapat perbandingan antara tempat yang satu dengan tempat yang lain. Untuk pengambilan data, peneliti dapat memperbaiki metode yang digunakan antara lain dengan menambahkan metode wawancara untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.