SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

engaruh M edia P embelajaran P owtoon Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar S iswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Rini kustiya ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Media tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang terjadi sebagai alat untuk menyampaikan informasi dari guru terhadap siswa baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Dengan adanya media pembelajaran dan motivasi belajar tinggi akan meningkatkan hasil belajar siswa. Namun siswa kurang termotivasi dalam belajar pada mata pelajaran akuntansi dikarenakan media yang digunakan guru berupa power point kurang inovasi sehingga terjadi kejenuhan dan kebosanan dalam diri siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung.Menurut observasi awal dibeberapa sekolah juga memiliki permasalahan yang sama yaitu dimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi menunjukkan bawah kebanyakan siswa mendapatkan nilai dibawah rata-rata kelulusan minimal

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui: (Ha) 1 Media powtoonberpengaruh positif terhadap hasil belajarakuntansi siswa, (Ha) 2 Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa, (Ha) 3 Terdapatinteraksi antara media powtoondan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa.Rancangan penelitian ini adalah Eksperimen semu (quasi experimental)dengan bentuk desain Factorial Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan non tes berupa angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Two Way ANOVA.Dari hasil uji prasarat diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian (Ha) 1 menggunakan uji Two Way ANOVAdiperoleh signifikansi 0,000 < 0,05artinya, Media powtoonberpengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa,dan pengujian (Ha) 2 menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05, Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa, (Ha) 3 menunjukkan signifikansi 0,020 < 0,05,Terdapat interaksi antara media powtoondan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara media powtoondan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Oleh karena itu guru dapat menggunakan media powtoon sebagai alternatif dalam pembelajaran dikelas, sedangkanuntuk pihak sekolah diharapkan media powtoondapat digunakan sebagai pertimbangan untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dalam rangka memperbaiki kualitas dan mutu sekolah, dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan sampel yang berbeda dan lebih luas untuk menguji kembali keberlakuan teori mengenai media powtoondan diharapkan mengukur motivasi awal siswa, sehingga dapat lebih mudah dalam mengukur peningkatan motivasi belajar.