SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan Perusahan Pertambangan, Kimia, dan Rokok yang Listing di BEI tahun 2011-2015.

Imawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Imawati, 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan Perusahan Pertambangan, Kimia, dan Rokok yang Listing di BEI tahun 2011-2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: CSR Disclosure, Kinerja Lingkungan, Kinerja Keuangan.

Perusahaan pertambangan, kimia, dan rokok adalah perusahaan yang memiliki tingkat risiko paling tinggi terhadap lingkungan. Kesadaran pentingnya CSR dan kinerja lingkungan yang baik akan membawa dampak positif bagi peningkatan motivasi perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosialnya.CSR dan kinerja lingkungan yang baik akan memberi manfaat positif terhadap perusahaan dalam jangka panjang dan tetap bertahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah CSR Disclosure dan kinerja lingkungan berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Penelitian tentang CSR Disclosure dan kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan masih menghasilkan berbagai kesimpulan yang beragam, sehingga perlu dilakukan penelitian kembali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan sektor pertambangan, kimia, dan rokok yang listing di Bursa Efek Indonesia. Dari populasi tersebut kemudian digunakan metode purposive sampling. Total sampel penelitian adalah 11 perusahaan dengan 5 tahun pengamatan. Jadi totl sampel yang diteliti adalah 55 perusahaan. Analisis data yang dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) CSR Disclosure tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, (2) kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Nilai R Square atau koefisien determinasi adalah sebesar 0,028 yang dapat ditafsirkan bahwa variabel independen CSR Disclosure dan kinerja lingkungan memiliki pengaruh konstribusi sebesar 2,8% terhadap variabel dependen kinerja keuangan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu tingkat subjektif yang tinggi dalam menilai CSR Disclosure dan hanya menggunakan alat ukur PROPER sebagai proksi dari kinerja lingkungan.