SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow dan Leverage terhadap Dividend Payout Ratio di Sektor Jasa Keuangan (Bank, Sekuritas dan Asuransi) yang terdaftar di BEI 2012-2015.

Erna Yuliani

Abstrak


ABSTRAK

Yuliani, Erna 2017. Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow dan Leverage terhadap Dividend Payout Ratio di Sektor Jasa Keuangan (Bank, Sekuritas dan Asuransi) yang terdaftar di BEI 2012-2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Pembimbing : Bety Nur Achadiyah S.Pd, M.Sc.

 

Kata Kunci: ROE, Free Cash Flow, DER dan DPR.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, free cash flow dan leverage terhadap dividend payout ratio (DPR)pada perusahaan sektor jasa keuangan tahun 2012-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor jasa keuangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2015 berjumlah 77 perusahaan. sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling  sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji t dengan batuan program SPSS. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profiabilitas yang diukur dengan ROE berpengaruh positif signifikan terhadap DPR, Free Cash Flow berpengaruh positif signifikan terhadap DPR, dan Leverage yang diukur dengan DER berpengaruh negatif signifikan terhadap DPR.

            Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan  : (1) Bagi sektor jasa keuangan untuk memperhatikan tingkat DPR karena tingkat DPR yang tinggi bisa menjadi daya tarik investor untuk menanamkan modal pada perusahaan; (2)Bagi investor apabila akan mengambil keputusan investasi sebaiknya mempertimbangkan nilai Profiabilitas, Free Cash Flow dan Leverageyang selanjutnya akan memberikan gambaran tentang perkembangan perusahaan; (3)Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menambah variabel independen yang lain terhadap variabel dependen sehingga nilai adjusted R square yang dihasilkan dapat lebih besar, menambah tahun penelitian sehingga dapat menghasilkan penelitian yang sesuai dengan kondisi dan masih banyak sektor yang dapat digunakan untuk penelitian berikutnya maka dari itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan seluruh sektor yang terdaftar di BEI.