SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Tema Sejarah Peradaban Dunia melalui Model Mind Mapping pada Siswa Kelas V SDN Bendo 1 Kota Blitar

Tety Nur Aulia

Abstrak


ABSTRAK

 

Aulia, Tety Nur. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Tema Sejarah Peradaban Dunia melalui Model Mind Mapping pada Siswa Kelas V SDN Bendo 1 Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suminah, S.Pd., M.Pd (II) Dra. Widayati, M.H

 

Kata Kunci: peningkatan hasil belajar siswa kelas V, tema sejarah peradaban dunia, dan model mind mapping.

Kurikulum 2013 meleburkan beberapa muatan pelajaran dalam satu tema pada proses pembelajaran. Muatan IPS dalam tema sejarah peradaban dunia memiliki cakupan materi yang luas. Muatan IPS disampaiakan dengan cara membaca buku dan menggunakan model konvensional, sehingga siswa bosan dan jenuh mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapkan model mind mapping pada tema sejarah peradaban dunia di kelas V SDN Bendo 1 Kota Blitar, dan (2) mendeskripsikan peningkatkan hasil pembelajaran tema sejarah peradaban dunia melalui penerapan model mind mapping di kelas V SDN Bendo 1 Kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mendiskripsikan peristiwa-peristiwa yang terjadi secara alami. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah mind mapping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, (4) dokumentasi, dan (5) catatan lapangan.

Hasil belajar siswa dapat diketahui dari hasil ketuntasan belajar siswa pada tahap pratindakan, siklus I dan siklus II. Pada tahap pratindakan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 29,2% meningkat menjadi 39,6% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,6%. Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas V SDN Bendo 1 Kota Blitar pada tema Sejarah Peradaban Dunia.

Penerapan model Mind Mapping telah dilaksanakan guru dengan sangat baik dan diikuti siswa dengan sangat baik pula. Berdasarkan hasil kesimpulan di atas, peneliti memberikan saran kepada (1) Kepala Sekoah, hendaknya memberikan kajian dalam peningkatan mutu belajar dan hasil belajar siswa, serta memberikan informasi tentang model pembelajaran Mind Mapping, (2) guru, hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan berbagai macam strategi dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang akan disampaikan, (3) siswa, dapat berperan aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran serta mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai, (4) peneliti, dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan, serta nantinya dapat mengembangkan keterampilan mengajar dan mengembangkan diri pada kegiatan pembelajaran.