SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhBiaya Modal, Dividend Payout Ratio danPenyajianLabaRugiKomprehensifTerhadapReaksiPasar(Pada Perusahaan yang Terdaftardalam JII Tahun 2011-2014).

Ria Pungkas Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Reaksi pasar merupakan akibat yang timbul dari informasi terkait perubahan harga saham yang diterima investor terhadap kinerja perusahaan. Semakin tinggi reaksi pasar sebuah perusahaan, semakin baik kinerja perusahaan. Reaksi pasar dipengaruh ioleh banyak faktor. Dalam penelitian ini diambil tiga variabel yang berpengaruh terhadap reaksi pasar, yaitu biaya modal, dividend payout ratio dan penyajian laba rugi komprehensif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel biaya modal, dividend payout ratio dan penyajian laba rugi komprehensif terhadap reaksi pasar. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2014 sebanyak 30 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan dengan tipe pengumpulan data secara time series dan cross saction. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas.Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, yaitu sampling purposive. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa biaya modal berpengaruh negatif signifikan terhadap reaksi pasar, dividend payout ratio berpengaruh positif signifikan terhadap reaksi pasar, penyajian laba rugi komprehensif berpengaruh positif signifikan terhadap reaksi pasar.

Berdasarkan penelitian tersebut disarankan bagi perusahaan dan investor untuk bahan pertimbangan dalam melakukan keputusan investasi, faktor-faktor yang mempengaruhi reaksi pasar merupakan hal penting yang perlu diperhatikan agar tingkat pengembalian yang diharapkan sesuai dengan keinginan perusahaan dan investor. Bagi penelitian selanjutnya dapat melengkapi dan memperbaiki penelitian ini terkait dengan variabel lain yang mempengaruhi reaksi pasar, menambah jumlah sampel penelitian dan memperpanjang periode pengamatan untuk mengetahui konsistensi dari pengaruh variable independen terhadap reaksi pasar.