SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI (MYOB VERSI 18)

Alenia Dwi Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Alenia Dwi. 2014. Pengaruh Penggunaan Video Tutorial terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi (MYOB Versi 18). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak.,CA.

 

Kata Kunci : Video tutorial, Motivasi belajar, Hasil belajar

Motivasi dan hasil belajar siswa ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah tersedianya media pembelajaran  yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa untuk mempelajari dan memahami materi pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh penggunaan video tutorial terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII Akuntansi SMK Kepanjen.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Kepanjen, pemilihan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling, kelas XII Ak 3 sebagai kelas eksperimen (diajar menggunakan media video tutorial) dan kelas XII Ak 2 sebagai kelas kontrol (diajar tidak menggunakan media video tutorial). Instrumen untuk mengukur motivasi siswa adalah menggunakan kuesioner (angket), dan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan soal pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda.

Dari hasil uji Independent-Sample T testpada variabel motivasi belajar siswa menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti penggunaan media video tutorial berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi (MYOB  versi 18).Dan dari hasil uji Independent-Sample T testpada variabel hasil belajar siswa menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 yang berarti penggunaan media video tutorial berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi (MYOB  versi 18).

Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sekolah hendaknya menggunakan media video tutorial sebagai pertimbangan untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dalam rangka memperbaiki kualitas dan mutu sekolah, guru hendaknya menggunakan media video tutorial, agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, siswa diharapkan lebih disiplin dalam menjaga kondisi kelas, agar guru bisa memaksimalkan penggunaan media video tutorial dalam kegiatan belajar mengajar dan untuk penelitian selanjutnya dapat memperluas subyek penelitian serta dapat mengembangkan materi pelajaran yang berbeda sehingga dapat diketahui keefektifan media video tutorial apabila diterapkan pada materi dan sekolah yang berbeda.