SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kemampuan Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris, dan Fasilitas Belajar Pribadi terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi (MYOB Accounting).

Isnaniwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Isnaniwati. 2017. Pengaruh Kemampuan Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris, dan Fasilitas Belajar Pribadi terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi (MYOB Accounting). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pebimbing: Dr. H. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci : Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris, Fasilitas Belajar Pribadi, Komputer Akuntansi (MYOB Accounting)

Menyadari pentingnya penguasaan TI dalam dunia bisnis, maka lembaga pendidikan mengintegrasikan penggunaan komputer ke dalam kurikulum pengajaran pada matakuliah Komputer Akuntansi. Salah satu program Komputer Akuntansi adalah MYOB Accounting. Namun, ditemukan beberapa mahasiswa yang memperoleh nilai rendah dan bahkan tidak tuntas pada matakuliah Komputer Akuntansi. Mahasiswa kesulitan dalam mengoperasikan MYOB karena kurangnya kemampuan Pengantar Akuntansi dan Bahasa Inggris.Selain itu, terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar salah satunya adalah kepemilikan fasilitas belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar Komputer Akuntansi, yaitu pengaruh kemampuan Pengantar Akuntansi, kemampuan Bahasa Inggris, dan fasilitas belajar pribadi terhadap hasil belajar matakuliah Komputer Akuntansi (MYOB Accounting).

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan Pengantar Akuntansi, kemampuan Bahasa Inggris, dan fasilitas belajar pribadi, serta variabel terikat adalah hasil belajar Komputer Akuntansi (MYOB Accounting). Subjek penelitian ini adalah 61 mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, analisis data wawancara, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji R Square (R2).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan Pengantar Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi (MYOB Accounting), (2)kemampuan Bahasa Inggris tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi (MYOB Accounting), (3) fasilitas belajar pribadi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi (MYOB Accounting).

Penelitian ini memiliki keterbatasan berupa (1) Kemampuan Pengantar Akuntansi hanya mengukur kemampuan akuntansi jasa dan dagang. Dalam penelitian ini, kemampuan Bahasa Inggris yang diukur cukup banyak dan kurang diperlukan dalam menempuh Komputer Akuntansi, (2) Data kemampuan Pengantar Akuntansi dan Bahasa Inggris berupa dokumentasi nilai akhir yang sudah diolah oleh dosen, bukan skor yang sesungguhnya, (3) Hipotesis yang dirumuskan masih bersifat dua arah, sehingga kurang bisa dibuktikan kebenarannya. Disarankan bagi mahasiswa untuk meningkatkan untuk meningkatkan kemampuan Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris, dan memiliki fasilitas belajar pribadi.