SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Gadged Smartphone Sebagai Fasilitas Belajar di Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

Nuzulul Fadilah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fadilah, Nuzulul. 2017. Pemanfaatan Gadged Smartphone Sebagai Fasilitas Belajar di Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan gadged smartphone sebagai fasilitas belajar.

Fokus penelitian ini adalah: bagaimana pemanfaatan gadged smartphone sebagai fasilitas belajar di lingkungan mahasiswa pendidikan akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber adalah Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan 2014 dan dosen Jurusan Akuntansi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gadged smartphone dapat digunakan sebagai salah satu sarana media pembelajaran, yaitu dapat digunakan sebagai salah satu media pencarian sumber informasi mengenai materi yang berkaitan dengan perkuliahan, untuk membantu menyelesaikan tugas perkuliahan, untuk membantu mengirim tugas, untuk diskusi baik antar teman ataupun dosen, untuk memotret catatan teman, untuk menyimpan file materi, dan juga digunakan untuk belajar via online. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa belajar dengan memanfaatkan gadged smartphoe dapat membantu menggali pengetahuan mahasiswa, pemahaman mahasiswa, serta dapat memberikan motivasi dalam belajar mahasiswa. Selain itu gadged smartphone juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk menyampaikan informasi tentang perkuliahan dan dapat dimanfaatkan sebagai media hiburan untuk menghilangkan kebosanan serta menjaga agar tetap fokus ketika belajar.