SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen

Dwi Ismia Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Dwi Ismia. 2017. Implementasi Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Cendika BangsaKepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, dan Pembelajaran Akuntansi

Penerapan kembali Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2016 secara nasional telah melalui revisi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Adanya revisi ini diharapkan kurikulum bisa sepenuhnya diterapkan oleh semua sekolah untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Para guru harus memiliki pemahaman terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013, seperti model pembelajaran yang akan digunakan. Dalam Kurikulum 2013 guru dituntut menggunakan model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Pada kenyataannya model pembelajaran ini belum sepenuhnya diterapkan oleh para guru. Guru masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga peran guru masih dominan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa data deskriptif dari para informan yang telah diperoleh peneliti melalui wawancara, dokumentasi serta observasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi data serta perpanjangan proses penelitian. Hasil dari analisis data kemudian disimpulkan berdasarkan fokus penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: pada kegiatan penyusunan RPP masih ada komponen yang kurang sesuai, seperti penulisan metode dan langkah pembelajaran yang seharusnya lebih disesuaikan dengan sintaks model yang digunakan. Pada pelaksanaan pembelajaran di kegiatan inti sudah sesuai dengan yang ada di RPP dengan saintifik, namunkegiatan yang dilakukan belum terlalu mendalam di setiap pertemuan, kemudian pada kegiatan pendahuluan dan penutup masih kurang sesuai.Kendala yang dihadapi guru dalam membuat perencanaan adalah waktu penyusunan RPP, sedangkan dalam melaksanakan model saintifik adalah kondisi siswa. Disarankan bagi para guru sebaiknya sebelum menyusun perencanaan pembelajaran memperhatikan kondisi siswa agar perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sesuai rencana. Selain itu sebaiknya sekolah memberikan pendampingan pada guru akuntansi dalam menerapkan Kurikulum 2013.