SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA ST. BONAVENTURA MADIUN TAHUN AJARAN 2016/2017

Hagmy Nurma Yolanda Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Hagmy N. Y. 2017. Pengaruh Kebiasaan Belajar  dan  Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si.,Ak.

 

Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Prestasi Belajar.

Terdapat  beberapa  faktor  yang  dapat  mempengaruhi  prestasi  belajar siswa, diantaranya adalah kebiasaan belajar dan kecerdasan Emosional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017.

Populasi dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun berjumlah 70 siswa. Sampel berjumlah 60 siswa, metode  pengambilan  sampel  menggunakan  probability sampling. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis uji t dengan bantuan SPSS.

Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya  pengaruh  positif  antara  kebiasaan belajar  (X1), kecerdasan emosional (X2), dan Prestasi  belajar (Y)  siswa kelas XI di SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017. Secara simultan  dari hasil  uji  F  diperoleh besar signifikansi 0,000 < 0,05 artinya kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Secara parsial dari hasil  uji t kebiasaan belajar dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya, kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, sedangkan hasil uji t kecerdasan emosional dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Jadi, dapat diketahui bahwa secara terpisah kebiasaan belajar berpengaruh sebesar 23,81% terhadap prestasi belajar akuntansi dan kecerdasan emosional berpengaruh sebesar 26, 52% terhadap prestasi belajar akuntansi. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif antara kebiasaan belajar (X1) dan kecerdasan emosional (X2) terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 74,3% sedangkan 25,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017 dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017. Di sarankan bagi  siswa  untuk  konsentrasi  ketika  pelajaran  berlangsung,  memperhatikan  apa yang diajarkan oleh guru guna meningkatkan prestasi belajar akuntansi sedangkan bagi  orang  tua  sebaiknya  memperbaiki  cara  mendidik  anak  dengan  lebih menghargai  pekerjaan  anak,  lebih  terbuka  dan  demokratis.