SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Media E-learning “Quipper School” terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Di SMK Islam Batu

Regina Cynthia Zahara

Abstrak


ABSTRAK

 

Zahara, Regina,C. 2017. Efektivitas Penggunaan Media E-learning “Quipper School” terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Di SMK Islam Batu. Skripsi, S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing : (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng, SE, MA, MM, Ak

 

Kata Kunci: E-Learning, Quipper School, Hasil belajar

 

Dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi e-learning dengan menggunakan aplikasi quipper school. Pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran konvensional karena siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun karena aplikasi ini dapat dibuka dengan menggunakan laptop, komputer, smartphone sehingga diharapkan hasil belajar siswa meningkat

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1)  pelaksanaan pembelajaran menggunakan media e-learning quipper school (2) Perbedaan hasil belajar siswa kelas X yang menggunakan media e-learning quipper school dengan kelas yang tidak menggunakan media e-learning quipper school.

 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Islam Batu yang terbagi menjadi 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling . Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu X Akuntansi 1 dan kelas X Akuntasni 2

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar dan angket untuk mengetahui sikap belajar setelah pemberian perlakuan. Data yang diperoleh di analisis terlebih dahulu untuk memenuhi uji prasyarat uji hipotesis, yakni menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah diperoleh hasil uji prasyarat, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji T (Independent Samples T-test)

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa hipotesis yang menyatakan hasil belajar kelompok yang mengguakan media e-learning “quipper school” lebih tinggi dan signifikan dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media (Konvensional) pada mata pelajaran akuntansi diterima. Hal ini ditunjukkan dengan adanya tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media e-learning berbantuan aplikasi quipper school berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa