SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas dan Reputasi KAP terhadap Audit Delay dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan LQ 45 di BEI

Linda Catur Pristanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pristanti, Linda Catur. 2017. Pengaruh Profitabilitas dan Reputasi KAP terhadap Audit Delay dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan LQ45 di BEI. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, Ak.

 

Kata Kunci: Profitabilitas, Reputasi KAP, Ukuran Perusahaan, Audit Delay

Laporan keuangan merupakan salah satu hal terpenting bagi suatu perusahaan terutama para penggunanya untuk melihat kondisi suatu perusahaan. Ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan menjadi salah satu hal yang penting pula karena dapat mempengaruhi para pengguna laporan keuangan dalam pengambilan keputusan. Ketepatan waktu ini dapat dilihat dari panjang pendeknya Audit Delay yang dihitung dari tanggal tutup buku hingga tanggal yang tercantum dalam laporan auditor independen. 

Penelitian tentang pengaruh profitabilitas dan reputasi KAP terhadap audit delay masih menghasilkan berbagai kesimpulan beragam, maka perlu dilakukan penelitian kembali dengan menambah variabel ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh profitabilitas dan reputasi KAP terhadap audit delay, dan (2) Pengaruh profitabilitas dan reputasi KAP terhadap audit delay dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini seluruh perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015 yang berjumlah 60 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 perusahaan yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi berupa laporan keuangan tahunan serta laporan auditor independen yang dapat diakses melalui www.idx.co.id serta melalui Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap audit delay, (2) Ukuran perusahaan memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap audit delay, (3) Reputasi KAP berpengaruh negatif signifikan terhadap audit delay, (4) Ukuran perusahaan memperkuat pengaruh reputasi KAP terhadap audit delay. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu kurangnya literatur tentang audit delay yang dimoderasi dengan ukuran perusaahaan sehingga diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah atau mengganti variabel moderating dengan faktor internal maupun eksternal perusahaan seperti reputasi KAP, opini auditor dan lain sebagainya.