SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Transaksi Keuangan Perusahaan Dagang Kelas XI Akuntansi SMK

vina vutiya

Abstrak


ABSTRAK

 

Vutiya, Vina. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Transaksi Keuangan Perusahaan Dagang Kelas XI Akuntansi SMK. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto W, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Visual, Pop-Up Book.

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada saat Kajian Praktik Lapangan (KPL) di SMK PGRI Turen, peneliti menemukan bahwa dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan papan tulis tanpa ada alat peraga sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan materi. Media pembelajaran yang menarik belum tersedia untuk proses pembelajaran sehingga menyebabkan siswa bosan dan kurang termotivasi dalam belajar. Media pop-up book merupaka salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa. Gambar tiga dimensi yang terdapat pada pop-up book dapat memberi pengalaman baru kepada siswa. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan media pop-up book pada materi transaksi keuangan perusahaan dagang kelas XI Akuntansi SMK.

Penelitian ini menggunakan rancangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi 6 langkah pengembangan, antara lain: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) pengembangan produk, 3) validasi produk, 4) revisi produk pertama, 5) uji coba lapangan, 6) produk akhir. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket tertutup. Jenis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan pengguna, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif presentase. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator ahli dan pengguna.

Produk yang dihasilkan adalah media pop-up book pada materi transaksi keuangan perusahaan dagang kelas XI Akunatnsi SMK. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 97,22% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 93,09% dengan kategori sangat layak, dan hasil uji coba lapangan dikatakan sangat layak dengan presentase 87,78%. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 83,66% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan peneliti sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa.