SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID

Agil Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

 

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat membantu menyampaikan pesan atau isi pelajaran. pada mata pelajaran akuntansi peserta didik dituntut untuk cepat mengerti dan berpikir kritis. Game edukasi salah satu bentuk game yang dapat berguna untuk menunjang proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan lebih kreatif dengan menggunakan media yang menarik.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Metode ini digunkan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan diukur dari indikator kelayakan produk sebesar 56 - 75%. Hasil balidasi ahli materi sebesar 93,1%, validasi media sebesar 77,5%, dan hasil validasi dari pengguna sebesar 74%.

saran yang dapat diberikan yaitu: (1) Bagi guru khususnya, terlebih dahulu guru memberikan pengarahan mengenai materi yang terdapat pada silabus sebelum menggunakan media, karena media tidak menyediakan materi, (2) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam desain dan animasi media untuk menambah ketertarikan siswa.