SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Sistem Transaksi Kartu ATM dan Manajemen Kas ATM dalam upaya meminimsalisir terjadinya Fraud pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Martadinata Malang

Atik Ula Sholihati

Abstrak


ABSTRAK

Sholihati, Atik Ula. 2010. Analisis Sistem Transaksi Kartu ATM dan Manajemen Kas ATM dalam Upaya Meminimalisir Terjadinya Fraud pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk di Cabang Martadinata Malang. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Tuhardjo S.E, M.Si, Ak.

Kata Kunci: Sistem Transaksi Kartu ATM, Manajemen Kas ATM, Fraud

    PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk di Cabang Martadinata terus meningkatkan pelayanannya terhadap nasabah, salah satunya dalam bentuk kartu ATM BRI yang saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat dalam bertransaksi. ATM ini memerlukan manajemen pada sistem dan kas yang baik guna meningkatkan kenyamanan nasabah dan mencegah terjadinya fraud.
    Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui sistem transaksi kartu ATM dan manajemen kas ATM untuk meminimalisir terjadinya fraud pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk di Cabang Martadinata Malang. Metode yang digunakan untuk pemecahan masalah ini adalah deskriptif kualitatif, deskriptif kualitatif adalah metode pemecahan masalah dengan cara memberikan penjelasan terhadap data data yang diperoleh dari bahan pustaka yang relevan untuk mendeskripsikan mengenai sistem transaksi kartu ATM dan manajemen kas ATM pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk Cabang Martadinata-Malang.
    Mekanisme transaksi pada mesin ATM dimulai dengan memasukkan kartu ATM serta PIN nasabah dan selanjutnya adalah melakukan transaksi yang dikehendaki sesuai dengan menu yang terdapat pada layar monitor mesin ATM. Tetapi gangguan pada ATM disebabkan karena sering terjadinya off-line pada jaringan ATM, mesin ATM yang kehabisan uang dan tindakan penipuan/fraud pada nasabah. Jenis penipuan yang dilakukan bermacam-macam dari cara yang paling sederhana seperti pencurian dan penodongan sampai dengan penggunaan alat canggih seperti skimmer, slot card, dan tombol palsu untuk mengelabui nasabah. Untuk mengatasi masalah ini pihak manajemen perlu melakukan evaluasi ulang dan perbaikan terhadap sistem jaringan dan sistem keamanan pada mesin ATM. Selain itu pemberian informasi yang akurat terhadap nasabah juga dapat digunakan sebagai langkah awal dalam melakukan pencegahan terjadinya penipuan/fraud.
    Manajemen kas ATM merupakan kegiatan pengelolaan kas ATM yang meliputi kegiatan tambahan kas dan opname kas. Kegiatan tambahan kas dilakukan untuk memenuhi jumlah uang kas dalam ATM dan jumlah uang kas untuk kegiatan operasional yang diserahkan sepenuhnya oleh perusahaan kepada petugas ATM (teller, supervisor,custumer service). Agar pengelolaannya lebih optimal perusahaan perlu bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa pengelolaan ATM.


Teks Penuh: DOC PDF