SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan modul akuntansi bermuatan collaborative learning dan nilai karakter pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Madiun

dewi permata tri

Abstrak


ABSTRAK

 

Permata, Dewi. 2016. Pengembangan Modul Akuntansi dengan Muatan Collaborative Learning  dan Nilai Karakter pada Siswa kelas XI IPS Sma Negeri 4 Kota Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc, (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci : modul akuntansi, collaborative learning, nilai karakter

Penelitian bertujuan untuk untuk mengembangkan  modul akuntansi bermuatan collaborative learning dan nilai karakter untuk Standart Kompetensi Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI IPS salah satu SMA di kota Madiun.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian yang berupa paparan presentase dalam angket validasi dan paparan saran dan kritik dalam angket yang diberikan pada siswa, guru, dan dosen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi langsung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen angke validasi yang diberikan pada beberapa siswa, guru, dan dosen. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan teknis analisis persentase. Kegiatan analisis data kualitatif diambil dari saran, kritik, dan komentar para validator dan untuk data kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis persentase.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga temuan sebagai berikut. Pertama, modul bermuatan collaborative learning yang telah dikembangkan dapat membantu siswa untuk terlibat aktif dalam keompok dan berkerjasama dan kritis untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok. Hal ini membuat suasana kelas menjadi lebih aktif karena pembelajaran berpusat pada siswa. Kedua, nilai karakter yang dipaparkan dalam modul ini tidak tertulis secara fisik ini dikarenakan kekhawatiran akan diabaikannya tulisan yang bukan termasuk materi akuntansi. Diajarkan secara lansung saat penjelasan materi dan contoh dirasa cukup dipahami oleh siswa karena siswa mendengar langsung. Ketiga, diambil kesimpulan dari validasi yang telah dilakukan, modul akuntansi bermuatan collaborative learning dan nilai karakter ini bisa digunakan untuk bahan pendamping untuk buku pelajaran dan siswa dapat cepat memahami karena keringkasan dalam penjabaran materi.