SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemahaman Guru Terhadap Evaluasi Hasil Belajar Siswa Di SMK Jurusan Akuntansi Kota Malang

Meliana Dwi Utami

Abstrak


ABSTRAK

 

Utami, Meliana Dwi. 2016. Pemahaman Guru Terhadap Evaluasi Hasil BelajarSiswa Di SMK Jurusan Akuntansi Kota Malang. Skripsi, JurusanAkuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing(1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. H. Tuhardjo,S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Evaluasi Hasil Belajar Siswa

Evaluasi hasil belajar suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai keberhasilan belajar peserta didik setalah mengalami proses belajar pada satu periode tertuntu. Dalam hal ini guru akuntansi sebagai unsur utamanya. Jika guru memahami evaluasi hasil belajar maka guru dapat memahami keefektifan dan efisiensi sistem pembelajaran. Pemahaman guru mengenai evaluasi hasil belajar dapat dilihat dari pernyataan guru mengenai prosedur evaluasi, ranah kognitif, ciri tes yang baik, dan analisis butir soal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang evaluasi hasil belajar berdasarkan pengalaman subjektif informan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi transendental. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari guru akuntansi di SMK se–Kota Malang . Melalui teknik purposive, diperoleh 7 orang informan, meliputi 5 orang dari SMK Swasta dan 2 orang guru SMK Negeri. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru memahami tujuan evaluasi hasil belajar, 2) guru memahami tentang prosedur alat evaluasi, 3) guru mengetahui jenis teknik tes, 4) pemahaman guru yang kurang dapat mempengaruhi kemampuan berfikir siswa, 5) guru tidak memahami ciri–ciri tes yang baik tetapi memahami indikator utama ciri tes yang baik, 6) guru tidak membuat analisis butir soal karena tidak ada tuntutan pengawas dan keterbatasan waktu, 7) guru tidak mengetahui cara mencari daya pembeda, 8) guru tidak mengetahui cara mencari tingkat kesukaran.

Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini ialah: 1) bagi guru pemahan evaluasi hasil belajar sangat diperlukan untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi pembelajaran baik tentang materi, metode, dan media, 2) bagi pihak lembaga, pihak lembaga diharapkan memberikan fasilitas pelatihan tentang prosedur evaluasi hasil belajar kepada guru, dan 3) bagi peneliti selanjutnya, berkaitan dengan fokus penelitian, sebaiknya memilih salah satu komponen evauasi hasil belajar agar dapat menggali informasi yang lebih banyak

 

ABSTRACT

 

Utami, Meliana Dwi. 2016. Teachers Understanding of Students Assessment inAccounting Vocational Hingh School Malang. Sarjana’s Thesis.Departement of Accounty. Faculty of Economics. State University ofMalang. Advisor (1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. (2)Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

 

Keyword: Students Assessment

Assessement is a process in which teacher makes a judgment aboutstudents value after they joining teaching and learning process in a certain period.In this case, Accounting teacher playes a prominent role. A teacher needs to knowhow effective and efficient a learning system they use therefore they shouldunderstand the students assessment. Their understanding is seen from theirstatement about procedure of evaluation, cognitive state, charecteristic of a goodtest, and test item analysis.

The study aims to examine the teachers understanding of studentsassessment based on informer’s subjective experience. The study is a qualitativeresearch which is transendental phenomenology. The serach subject is accountingteachers of vocational high school in Malang. Seven informers in this study arechoosen by using purpose technique which there are five people from privatevocational high school and two people from state vocational high school.Interview and documentation is employed to collect the data. The writer analyzesteh data using Miles and Huberman theory.

The results of this study shows that: 1) teachers understand the purposeof students assessment, 2) teachers understand about the procedure ofevaluation tools, 3) teachers know techinique test variation, 4) the lack of teacherscomprehension can affect students’ thinking ability, 5) teachers do not understandthe characteristics of a good test but understand the main characteristics of goodtest indocator, 6) teachers do not make test item analysis because there are nosupervision demand and time limitation, 7) teachers do not know how to find thecapacity of distinction, 8) teachers do not know how to find difficulty level.

Suggestions according to the study are: 1). It is important for teachers toexamine the students assesment in oreder to undrstand the effectivity andefficiency of material, method, and mesia in teching and learning process, 2). Forteh institution, it is expected to provide a training facility for teachers in order toget a better understanding of assessment procedur, 3). For researchers i the future,it is expected to choose one component of assessment in order to gain a greaterinformation.