SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di Sekolah Menengah Negeri 2 Kediri dengan Kepercayaan Diri sebagai Pemoderasi

Fitri Intan Permatasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Permatasari, Fitri Intan. 2016. Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap HasilBelajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri2 Kediri Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi. Skripsi, JurusanAkuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M (2) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Self-Regulated Learning, Kepercayaan diri.

Hasil belajar adalah serangkaian evaluasi yang telah dilakukan oleh siswasetelah melakukan proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhiprestasi belajar diantaranya adalah self-regulated learning dan kepercayaan diri.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh self-regulated learningterhadap hasil belajar siswa jurusan akuntansi dengan kepercayaan diri sebagaivariabel moderator.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi yang menggunakanvariabel Self-Regulated Learning (X1), Kepercayaan Diri (Z), dan Hasil Belajar(Y). Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik proportional randomsampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SekolahMenengah Kejuruan Negeri 2 Kediri yang berjumlah 179 siswa tersebar dalam 5kelas, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 124 siswa. Teknik analisis datayang digunakan dalam penelitian ini adalah MRA (Moderated Rgresion Analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial self-regulated learningberpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar dan memberikan kontribusisignifikan sebesar 28,3% dan kepercayaan diri sebagai variabel moderator dapatmemperkuat pengaruh self-regulated learning dan kepercayaan diri terhadap hasilbelajar dengan memberikan kontribusi sebesar 35,2%. Variabel kepercayaan dirimerupakan jenis moderator semu. Hasil belajar siswa akuntansi akan meningkatjika dipengaruhi oleh self-regulated learning dan mampu diperkuat olehkepercayaan diri.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini memiliki keterbatasanberupa (a) teknik pengambilan data menggunakan penyebaran angket.Berdasarkan keterbatasan penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya (a)mencari faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar, (b)menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas, (c) teknikpengumpulan data dapat ditambah observasi dan wawancara agar mendapatkanhasil yang lebih lengkap dan akurat.