SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Modul Akuntansi Berbasis Scientific Approach di SMK.

inna kumalawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kumalawati, Inna . 2016. Pengembangan E-Modul Akuntansi Berbasis Scientific Approach di SMK. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Suparti M.P., (2) Diana Tien Irafahmi, S. Pd, M. Ed.

 

Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, Akuntansi, Pendekatan Saintifik

Bahan ajar merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk dari bahan ajar adalah modul. Modul elektronik adalah modul yang disajikan dalam bentuk elektronik atau digital yang bersifat interaktif. Modul elektronik bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam belajar sesuai dengan kecepatan dan caranya masing-masing.

Modul elektronik ini dibuat untuk mengatasi permasalahan yang ada di dunia pendidikan yakni kebosanan yang selalu dialami oleh siswa karena menggunakan modul konstektual. Modul elektronik berbasis saintifik merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu mengoptimalkan proses berpikir ilmiah pada siswa. Pemanfaatan modul elektronik akuntansi berbasis saintifik diduga mampu meningkatkan motivasi siswa, hal ini dikarenakan tampilan yang disajikan mampu menyuguhkan materi dalam bentuk teks, gambar, audio, serta video. Penggunaan elektronik modul berbasis saintifik diharapkan dapat mempermudah siswa untuk belajar khususnya pada materi akuntansi perusahaan jasa.

Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Borg dan Gall dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari: 1) Studi Pendahuluan; 2) Pengembangan Produk Awal; 3) Penyusunan Produk; 4) Validasi Ahli; 5) Revisi Produk 1; 6) Uji Coba Terbatas; 7) Revisi Produk Akhir dan Produk Akhir. .

Pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach ini diuji cobakan kepada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: tanggapan ahli materi, media, uji coba lapangan.

Hasil penelitian pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach, diperoleh presentase ahli materi 88,3%, ahli media 91,2%, uji coba lapangan 89,7%, dan 86,1%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul akuntansi berbasis scientific approach layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa e-modul akuntansi berbasis scientific approach dapat membantu meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran. E-modul juga dapat digunakan secara mandiri oleh siswa sehingga dapat memudahkan guru dalam proses penjelasan materi maupun kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Saran untuk pemanfaatan e-modul akuntansi berbasis scientific approach adalah  (a) sebelum guru menggunakan e-modul dalam kegiatan pembelajaran, guru terlebih dahulu membaca buku petunjuk penggunaan e-modul, (b) guru sebagai fasilitator diharapkan untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar terutama ketika memberikan arahan kepada siswa saat pertama kali mengguanakan e-modul.